16 November 2016

Pengertian Al-Qur'an

Advertisement
Pengertian Al-Qur'an - Al-qur’an merupakan salah satu kitab suci agama samawi yang menjadi pedoman bagi seluruh manusia dalam perihal kehidupan di dunia dan akhirat.

Al-Qur’an juga memeiliki makna dasar menghumpun dan mengumpulkan. Hal ini juga di dasarkan kepada asumsi bahwa Al-Qur’an juga merupakan musyitaq atau zaraa atau qarana. Dengan demikian lafaz Qur’an secara bahasa berarti menghimpun dan memadukan sebagian huruf-huruf dan kata-kata dengan sebagian lain nya,atau mengumpulkan jadi Al-Qur’an berarti kumpulan atau gabungan.

caramuslim.com
pengertian al-qur'an
Pengertian Al-Qur'an

Secara terminology ,Al-Qur’an adalah kalam Allah SWT yang tiada tandingan nya,di turunkan kepada Nabi Muhammad SAW. Penutup para Nabi dan Rasul dengan perantara Malaikat Jibril yang dimulai dengan surat Al-Fatihah dan diakhiri dengan surat An-Nas,dan di tulis dalam mushaf-mushaf yang disampaikan kepada kepada kita secara mutawatir,serta mempelajari nya merupakan satu ibadah.

Unsur-unsr penting untuk menentukan batasan yang di sebut Al-Qur’an dengan kriteria sebagai berikut:
  1. Firman Allah
  2. Harus berbahasa arab
  3. Di turun kan kepada Nabi Muhammad SAW
  4. Dengan perantar malaikat jibril
  5. Di terima secara Mutawir
  6. Tertulis dalam bentuk dalam bentuk Musaf (Usman)
  7. Tidak dapat ditiru
  8. Dimulai dengan surat Al-Fatihah dan di tutup dengan surat An-Nas.

Yang berlawanan dengan yang di sebutkan di atas bukan lah bukan lah Al-Qur’an.sehingga dengan batas-batas di atas,tertutup kemungkinan bahwa Al-Quran akn dapat di palsukan atau di robah oleh golongan yang dengki.

Nama Al-Qur’an dan sifat nya

Al-Qur’an tidak di sebut atau di kenal dengan satu nama yaitu Al-Qur’an saja,tetapi banyak nama-nama lain dari Al-Qur’an ,yang mana di jelas kan dalam Al-Qur’an itu sendiri.

Nama Al-Qur’an yang terdapat dalam Al-Qur’an di antara nya adalah sebagai berikut:

Di namai dengan Al-Qur’an:

Qaaf semi Al-Qur’an yang sangat mulia” (Q.S.Qaaf:1)

Di namai dengan Al-Furqan:

Maha suci Allah yang telah menurun kan Al-Furqan kepada hamba nya,agar dia manjadi pemberi peringatan kepada seluruh alam

Jaminan Allah Akan Kebenaran Al-Qur'an

Al-Qur’an Al-Karim memperkenal kan dirinya dengan berbagai sifat dan ciri.salah satu nya adalah bahwa ia merupakan kitab yang keontetikanya di jamin oleh Allah ,dan ia adalah kitap yang selalu di pelihara.

"Sesungguh nya Kami-lah yang menurun kan Al-Qur’an,dan sesungguh nya kami benar-benar memeliharanya “ (QS.15.9)

Tanpa menyebutkan sejarah Al-Qur,an sekalipun telah dapat di buktikan bahwa al-Qur’an tersebut terjaga akan keotentikan dan kebenarannya.Ia selalu dibaca dan dipelajari sepanjang masa dan ia selalu memperkenalkan dirinya sebagai firman-firman Allah,ia dihafal dari generasi ke generasi hingga sampai dituliskan kedalam bentuk mushaf (buku\kitab).AL-Quran juga dikembangkan menjadi sebuah objek kajian keilmuan,darinya lahir berbagai macam disiplin ilmu yang dipayungi oleh sebuah ilmu induk yang kita kenal dengan sebutan’’Ilmu-ilmu al-Quran”.

Ada tiga aspek yang dapat membuktikan akan keotentikan al-Quran, yaitu, Pertama,Aspek keindahan dan ketelitian redaksi-redaksinya. Sering kali al-Qur’an turun dengan spontan untuk menjawab pertanyaan atau mengomentari peristiwa.Pertanyaan ini dijawab secara langsung,dan tentunya spontanitas itu tidak memberi peluang untuk berfikir dan menyusun jawaban dengan redaksi yang indah apa lagi teliti.Namun demikian,setelah al-Quran rampung diturunkan dan dilakukan analisis serta perhitungan tentang redaksi-redaksinya,ditemukan hal-hal yang sangat menakjubkan,seperti adanya keseimbangan yang sangat serasi antara kata-kata yang digunakan,seperti keserasian jumlah dua kata yang berlawanan.Misalnya kata al-hayah (hidup) dan al-maddharrah (mudarat),masing-masing sebanyak 50 kali,dan masih banyak yang lainnya.

Baca juga:



Author Profile

About Taufiqurrahman

0 Komentar Pengertian Al-Qur'an

Post a Comment

Back To Top