27 December 2016

Adab Berpuasa

Advertisement
Puasa yang artinya menahan dari hawa nafsu dari segala yang membatalkan puasa di siang hari mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari. Dengan berpuasa dapat melatih diri menjadi mukmin yang bertakwa, penyabar, memiliki rasa kasih sayang terhadap fakir miskin dan dapat meningkatkan kesehatan fiksik  dan kesehatan rohani.

Adab Dalam Berpuasa

Puasa itu ada dua jenis yaitu puasa wajib dan puasa sunah.puasa wajib yaitu puasa yang wajib dikerjakan oleh setiap muslim antara lain:
  • Puasa pada bulan ramadhan, 
  • Puasa kafarah, yaitu puasa penebus dosa karena melakukan dosa dan perbuatan yang dilarang pada siang hari di bulan ramadhan.
  • Puasa nazar, yaitu puasa karena nazar puasa yang dilakukan karena mempunyai nazar tertentu misalnya, seseorang berjanji jika seseorang lulus ujian maka ia wajib melaksanakan nazar tersebut.

adab berpuasa
adab berpuasa
Puasa sunnah  yaitu puasa yang boleh di lakukan dan juga boleh tidak di lakukan antara lain:
  1. Puasa setiap hari senin dan kamis.
  2. Puasa enam hari sesudah satu syawal.
  3. Puasa asyura yaitu pada tanggal 10 Muharram.
Adab Dan Tata Cara Berpuasa

Setiap muslim di wajibkan melakukan ibadah puasa pada bulan ramadhan dan di anjurkan untuk melaksanakan puasa sunnah pada waktu tertentu. Adab dan tata cara berpuasa baik puasa wajib dan sunnah dapat dilakukan sebagai berikut:
  1. Berniat berpuasa, setiap malam sebelum waktu imsak karena Allah SWT semata. Puasa yang tidak di niatkan tidak akan di terima oleh Allah SWT.
  2. Kerjakanlah puasa dengan iklas kerena Allah SWT bukan karena takut atau malu kepada orang lain.
  3. Makan sahur pada akhir menjelang waktu imsak.
  4. Berbuka pada awal waktu, yaitu saat adzan magrib dan tidak mengakhirkan buka puasa.dalam sebuah hadits Nabi menerangkan:
  5. Dari Abu Dzar r a bahwasanya rasulallah SAW bersabda: senantiasalah umatku tetap dalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka dan melambatkan makan sahur.
  6. Membaca do’a saat berbuka puasa.
Hal-Hal Yang Baik Dilakukan Selama Berpuasa

Di dalam melaksanakan ibadah puasa, kita harus menjaga dan memelihara puasa kita agar puasa itu tidak sia-sia dan mendapat pahala dari Allah SWT. Oleh sebab itu kita harus menjaga dan menghindari perbuatan-perbuatan yang kurang baik contohnya sebagai berikut:
  • Di siang hari janganlah terlalu lama berkumur-kumur bila sedang berwudhu. Hindarilah menggosok gigi karena keringnya bibir ketika berpuasa akan menjadi cahaya di hari kiamat.
  • Jika sedang uzur janganlah makan dan minum secara terbuka yang terlihat oleh orang yang berpuasa. Hormatilah orang-orang yang sedang melaksanakan puasa.
  • Pemeliharaan mulut dari pembicaraan kotor, menggunjing orang, marah bertengkar,  dan perkataan buruk lainnya.
Hal-Hal Yang Dianjurkan Dalam Berpuasa
  1. Perbanyak ibadah kepada Allah SWT, membaca Al-Qur’an, dzikir, taraweh, dan witir.
  2. Memberi makan fakir miskin dan anak yatim.
  3. Membayar zakat, infaq, dan sedekah untuk di berikan kepada yang berhak menerimanya.
  4. Dan yang sangat penting dalam tata cara dan adab berpuasa adalah menjauhkan diri dari hal-hal yang membatalkan puasa.
Perilaku Yang Mencerminkan Sikap Senang Berpuasa

Bagi seorang muslim yang meyakini puasa itu adalah yang memiliki ibadah nilai kebajikan yang sangat tinggi, maka akan selalu berharap bertemu lagi dengan bulan puasa  dan akan riang gembira  dan suka cita menyambut datangnya bulan puasa, sebaliknya akan merasa bersedih bila puasa tersebut berakhir.
Mengisi datangnya bulan puasa dengan beribadah kepada Allah SWT  serta menjauhi perbuatan maksiat yang menjerumuskan perbuatan dosa yang dapat mengurangi bahkan menghapus pahala puasa.

Author Profile

About Taufiqurrahman

0 Komentar Adab Berpuasa

Post a Comment

Back To Top