13 December 2016

Beribadah Dengan Meyakini Adanya Hari Akhir

Advertisement
Beribadah dengan meyakini adanya hari akhir - Kehidupan setelah mati pasti adanya, bukankah mahkluk yang termulia adalah mahkluk yang berjiwa, bukankahyang termulia adalah yang memiliki kehendak dan kebebasan memilih, dan yang termulia dari kelompok ini adalah yang mampu yang melihat jauh kedepan, serta mempertimbangkan dampak kehendak dan pilihannya, karena itu demi tegaknya keadilan harus ada kehidupan baru ketika semua pihak akan memperoleh secara adil dan sempurna hasil perbuatan yang di hasilkan perbuatan yang di dasarkan atas pilihan masing-masing, itu sebabnya al-Qur’an menamai hidup di akhirat sebagai alhayat yang berarti hidup sempurna dan kematian di namainya wafat yang artinya adalah kesempurnaan.

Beribadah Dengan Meyakini Adanya Hari Akhir
caramuslim.com
Memahami Makna Beriman Kepada Hari Akhir

Kebenaran akan datangnya hari akhir dapat di temukan dalam kajian ayat-ayat Al-Qur’an, ilmu pengetahuan, dan panca indra. Melalui kajian kebenaran akan adanya akhir kita dapat menghayati akan nilai-nilai keimanan akan hari akhir.

Hari akhir atau kiamat menurut Al-Qur’an terdapat dua bagian.

1. Kiamat sugra (kiamat kecil)

Kiamat sugro adalah peristiwa datangnya kematian bagi semua mahkluk termasuk manusia yang bersifat lokal dan individu, firman Allah dalam surat Ali Imran ayat 185:

Artinya: tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati, dan sesungguhnya pada hari kiamat sajalah di sempurnakan pahalamu, barang siapa yang di jauhkan dari neraka dan di masukkan ke dalam surga, maka sesungguhnya ia telah beruntung.kehidupan dunia itu tidak lain hanyalah kesenangan yang memperdayakan.

2. Kiamat Kubra (kiamat Besar)

Peristiawa berakhirnya seluruh kehidupan mahkluk dan hancur leburnya alam semesta seluruh alam dan serentak. Proses terjadinya peristiwa hari kiamat tersebut di jelaskan oleh Allah SWT dalam banyak ayat di antaranya adalah dalam surat at-takwir ayat 1-3:

Artinya: apabila matahari di gulung, apabila bintang-bintang berjatuhan, dan apabila gunung-gunung di hancurkan.

Beribadah Dengan Meyakini Adanya Hari Akhir

Berdasarkan ayat-ayat di atas peristiwa kiamat merupakan kejadian yang sangat hebat, yaitu takkala malaikat israfil meniup sangkakala. Kemudian bumi di angkat, gunung-gungung di benturkan dan terjadilah kerusakan hebat. Langit pecah bergelegar, benda-benda bumi pun bertebaran seprti kabut, sementara manusia kacau balau kebingungan, hanya Allah SWT yang maha kekal.

Hakikat Beriman Kepada Hari Akhir

Iman kepada hari akhir merupakan rukun iman yang kelima yang harus di yakini oleh setiap umat islam. Segala perbuatan yang di lakukan oleh manusia baik ataupun buruk akan di pertanggung jawabkan di akhirat kelak, oleh sebab itu keimanan kepada hari akhir hendaknya di jadikan landasan utama untuk menyadarkan diri agar selalu taat kepada ajaran Allah SWT.

Dalam hadits di jelaskan bahwa meyakini adanya hari akhir merupakan ciri-ciri orang yang beriman,hari akhir merupakan suatu perkara yang wajib di yakini yang kemudian di sebut rukun iman. Iman kepada hari akhir berarti keyakinan bahwa kehidupan yang kekal hanyalah di akhirat.

Baca juga: Kehidupan Setelah Hari Kiamat

Hikmah Beriman Kepada Hari Akhir

Semua ciptaan Allah SWT yang lahir di dunia mempunyai hikmah karena Allah SWT tidak menjadikan sesuatu sia-sia belaka tanpa tujuan dan hikmah di dalamnya. Di bawah ini merupakan hikmah iman kepada hari akhir:

  1. Muncul rasa kebencian yang mendalam kepada kemaksiatan dan kebejatan moral yang mengakibatkan murka Allah SWT di dunia dan di akhirat.
  2. Menyejukkan dan mengembirakan hati orang-orang mukmin dengan segala kenikmatan akhirat yang sama sekali tidak di rasakan di alam dunia ini.
  3. Senantiasa tertanam kecintaan dan keta’atan kepada Allah SWT.
  4. Senantiasa termotivasi untuk beralmal baik dangan iklas.
  5. Senantiasa menghindari niat-niat buruk apalagi melaksanakannya.
  6. Menjauhkan diri dari asumsi-asumsi yang mengkiaskan apa yang ada di dunia ini dengan apa yang ada di akhirat.
Author Profile

About Taufiqurrahman

0 Komentar Beribadah Dengan Meyakini Adanya Hari Akhir

Post a Comment

Back To Top