18 December 2016

Pengertian Mawaris Dan Kewarisan Serta Manfaat Hukum Waris Islam

Advertisement
Ajaran islam tidak hanya mengatur masalah ibadah kepada Allah SWT, islam juga mengatur hubungan manusia dengan sesamanya, yang di dalamnya juga mengatur masalah kewarisan, Nabi Muhammad SAW membawa hukum waris islam untuk mengubah hukum waris jahilia yang sangat di pengaruhi oleh unsur-unsur kesukuan yang menurut islam tidak adil dalam hukum waris islam, dalam hukum waris islam setiap pribadi apakah dia laki-laki atau pun perempuan, berhak memiliki harta benda dari peninggalan.

Pengertian Mawaris Dan Kewarisan Serta  Manfaat Hukum Waris Islam

Mawaris adalah merupakan serangkaian kejadian mengenai pengalihan pemilikan harta benda dari seorang yang meninggal dunia kepada seorang yang masih hidup. Dengan demikian untuk terwujudnya kewarisan harus ada tiga unsur,

1. Orang mati yang di sebut pewaris atau yang mewariskan
2. Harta orang yang mati atau orang yang mati meninggalkan harta waris.
3. Satu atau beberapa orang hidup sebagai keluarga dari orang yang mati yang di sebut ahli waris.

Ilmu waris adalah ilmu yang di berikan status hukum oleh Allah SWT sebagai ilmu yang sangat penting, karena ia merupakan ketentuan Allah SWT dalam firmanya yang yang terperinci sedemikian rupa tentang hukum mawaris, terutama mengenai ketentuan pembagian harta warisan.

Manfaat Hukum Waris Islam

Sumber hukum waris yang paling utama adalah Al-Qur’an kemudia sunnah dan hadits, dan setelah itu ijma’ para ulama dan sebagian kecil hasil ijtihaj para mujtahij.

Dalam islam saling mewarisi antara muslimin hukumnya adalah wajib berdasarkan Al-Qur’an dan hadits Rasulallah SAW, banyak ayat yang mengisyaratkan tentang ketentuan pembagian harta warisan ini. Di antaranya firman Allah SWT dalam surat 4-7:yang artinya bagi orang laki-laki ada hak pembagian dari harta  peninggalan ibu bapak dan kerabatnya, dan bagi orang wanita ada hak bagian pula dari harta peninggalan ibu bapak dan kerabatnya, baik sedikit atau banyak menurut pembagian yang telah di tetapkan.

Baca juga: Kehidupan Setelah Hari Kiamat

Manfaat Hukum Waris Dan Kewarisan Dalam Islam

Hukum waris islam ini memberi jalan keluar yang adil untuk semua ahli waris, berikut ini ada manfaat yang dapat di rasakan yaitu:

  • Terciptanya kerukunan hidup dan suasana keluarga yang harmonis. Syariah adalah sumber hukum islam tertinggi yang harus di taati. Orang yang paling durhaka adalah orang yang menentang hukum syariah. Syariah itu sendiri di turunkan untuk kebaikan umat islam dan memberi jalan keluar yang paling sesuai dengan karakter dan watak masing-masing manusia.
  • Menciptakan keadilan dan mencegah pertikaian dan konflik, keadilan yang telah di terapkan mencegah munculnya berbagai konflik dalam keluarga yang dapat berujung pada pertumpahan darah. Meski dalam prakteknya  selalu saja muncul penantangnya yang bersumber dari akal dan pikiran.

Menerapkan Prilaku Mulia

Sikap dan perilaku mulia yang harus kita kembangkan sebagai implementasi dari penerapan hukum warisan antara lain sebagai berikut:

  1. Meyakini bahwa hukum waris merupakan ketetapan Allah SWT. Yang paling lengkap di jelaskan dalam Al-Qur’an dan Hadits nabi.
  2. Hukum untuk mempelajari ilmu waris adalah fardu kifayah, karena itu setiap muslim harus ada yang mempelajarinya.
  3. Meninggalkan keturunan dalam keadaan berkecukupan lebih baik dari pada meninggalkannya dalam keadaan miskin, karena islam memerintahkan dalam surat annisak 4:11:  berikanlah  sesuatu hak kepada orang yang memiliki hak itu 
  4. Seseorang yang meninggal harusnya berwasiat, yaitu pesan seseorang yang ketika masih hidup agar hartanya di sampaikan kepada orang tertentu atau tujuan lain.yang harus di laksanakan setelah orang yang berwasiat itu meninggal.
  5. Ayat-ayat Al-Qur’an dalam menjelaskan pembagian harta kepada ahli waris menempatkan urutan kewarisan secara sistematis di dasarkan jauh dekatnya seseorang kepada si mayit yang meninggalkan harta warisan, oleh karena itu dalam menentukan ahli waris harus sesuai dengan ketetapan hukum ahli waris.
  6. Berhukum dengan hukum waris islam merupakan suatu kewajiban, karena setiap pribadi, apakah dia laki-laki atau perempuan dari ahli waris berhak memiliki harta benda hasil peninggalan hasil ketentuan syariat islam secara adil.
Author Profile

About Taufiqurrahman

0 Komentar Pengertian Mawaris Dan Kewarisan Serta Manfaat Hukum Waris Islam

Post a Comment

Back To Top