24 December 2016

Waktu Penyembelihan Qurban Dan Hikmah Berqurban

Advertisement
Waktu yang di tetapkan untuk menyembelih hewan qurban yaitu sejak selesai shalat idul adha sampai terbenamnya matahari ketetapan waktu tersebut di dasarkan pada hadits berikut: 
Dari umi salamah r a bahsanya nabi Muhammad SAW bersabda bila telah masuk tanggal sepuluh dzulhijja dan salah seorang di antara kamu hendak berqurban, maka tidaklah boleh di sentuhnya salah satu rambut dan kulitnya sedikitpun. HR muslim.Dan hadits lain juga menjelaskan: dari Jubair Bin Muth’im ra berkata bersabda Rasulallah SAW tiap-tiap hari tasyriq itu waktu berqurban.

Waktu Penyembelihan Qurban Dan Hikmah Berqurban

Ke dua hadits di atas mengisyaratkan bahwa waktu penyembelihan hewan qurban adalah tanggal sepuluh bulan dzulhijjah ( idul adha dan hari tasyrik taggal 11, 12, 13 bulan dzulhijjah. Walaupun tanggal sepuluh bulan dzulhijjah adalah waktu pelaksanaan penyembelihan qurban, pelasanaannya harus dilaksanakan setelah shalat Idul Adha.qurban yang di lakukan sebelum shalat idul Adha tidak di anggap sebagai ibadah qurban, sebagaimana yang di jelaskan dalam hadits berikut:

Yang artinya: dari barra bin Azib ra ia berkata: bersabda rasulallah SAW barang siapa yang menyembelih sebelum shalat idul Adha, ia menyembelih untuk dirinya sendiri,  barang siapa yang menyembelih sesudah shalat, maka sesungguhnya ia telah menyempurnakan qurbannya  dan telah mengikuti sunnah kaum muslimin.
Waktu Penyembelihan Qurban Dan Hikmah Berqurban
caramuslim.com
Manfaat Daging Kurban

Ibadah qurban selain bertujuan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan memperoleh keridaannya juga sebagai ibadah sosial dengan menyantuni kaum lemah, oleh karena itu daging kurban hendaknya dibagikan kepada fakir miskin, memakan daging kurban bagi orang yang berqurban tidaklah di larang, tetapi menyedekahkannya lebih utama. Allah SWT berfirman dalam surat Al-Hajj ayat 28 yang artinya: maka makanlah dari sebagian dari padanya dan sebagian lagi berikanlah untuk dimakan orang-orang yang sengsara dali fakir.

larangan lain yang berhubungan dengan daging qurban adalah memberikan daging qurban kepada orang yang menyembelih atau orang yang mengurus hewan qurban sebagai upah. Mereka boleh menerima daging qurban tetapi bukan sebagai upah. Khusus daging kurban yang di nazarkan orang yang melaksanakan nazarnya di larang memakan maupun mengambil daging hewan qurban tersebut, seluruhnya harus di sedekahkan kepada orang yang berhak.

Baca juga:

Sunat Dalam Penyembelihan Qurban

Pada waktu penyembelihan hewan qurban di sunatkan:
  • Melaksanakan sunat yang berlaku pada penyembelihan biasa, seperti membaca basmala, membaca salawat, menghadapkan hewan kearah kiblat, menggulingkan hewan ke arah rusuk kirinya, memotong pada pangkal leher, memotong urat kiri dan kanan leher hewan.
  • Membaca takbir.
  • Membaca do’a.
  • Orang yang berqurban menyembelih sendiri hewan qurbannya, jika ia mewakilkan penyembelihan qurbannya di sunatkan dia hadir ketika menyembelihnya.
Hikmah Berkurban

Dalamsyari’ah qurban terdapat beberapa hikmah, baik bagi orang yang berqurban, yang menerima dagingnya maupun bagi kepentingan umum, hikmah berqurban adalah:
  1. Menambah kecintaan kepada Allah SWT, karena berqurban merupakan salah satu amal soleh yang di cintai Allah SWT.
  2. Menambah keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT. Karena seluruh tubuh hewan qurban karena pada hari kiamat nanti akan menjadi saksi serta akan menjadi tambah berat timbangan orang yang berqurban.
  3. Dengan qurban berarti seseorang telah menunjukkan rasa sukurnya kepada Allah SWT karena telah melimpahkan karunianya kepadanya.
  4. Dengan berqurban  berarti seseorang telah mampu berbuat baik kepada orang lain, yang diwujudkan dalm bentuk tolong-menolong, kasih-mengasihi serta rasa solidaritas yang sangat di anjurkan dalam ajaran islam.
Author Profile

About Taufiqurrahman

0 Komentar Waktu Penyembelihan Qurban Dan Hikmah Berqurban

Post a Comment

Back To Top