20 February 2017

Cara Beribadah Kepada Allah SWT Menurut Pandangan Islam

Advertisement
Kali ini cara muslim akan memberikan beberapa cara kita beribadah kepada Allah SWT menurut pandangan islam itu sendiri. Rasulallah SAW telah mengajarkan kita banyak tata cara beribadah kepada Allah SWT. Makanya Allah SWT menurunkan Rasulnya untuk menjadi petunjuk kepada umat manusia di bumi ini. tanpa mengikuti jejak dan petunjuk yang telah di berikan Allah SWT melalui nabi dan Rasul Nya maka ibadah yang kita laksanakan akan percuma di mata Allah SWT.

Umat islam di wajibkan beribadah dan taat terhadap perintah Allah adalah hal yang paling penting untuk di laksanakan sehari-hari. Manusia harus menjaga sikap dan perbuatan dari segala apa yang di larang Allah SWT dan apa yang telah di perintahkan Nya. Allah SWT berfirman dalam surat Al-Baqarah ayat 21:

“ wahai manusia sembahlah tuhanmu yang telah menciptakanmu dan orang-orang yang sebelummu, agar kamu bertakwa”.

Cara Beribadah Kepada Allah SWT Menurut Pandangan Islam


Kemudian dalam surat  Adz Dzariat ayat 56-58:

“ Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembah Ku. Aku tidak menghendaki rezeki sedikitpun dari mereka daku tidak menghendaki supaya mereka memberi Ku makan. Sesungguhnya Dialah Allah maha pemberi rezeki yang mempunyai kekuatan lagi sangat kokoh”.

Dari ayat di atas dapat di jelaskan bahwa beribadah kepada Allah adalah hal yang sangat penting bagi manusia. Sehingga sesuatu hal yang berkaitan dengan beribadah kepada Allah begitu sangat di perhatikan. Supaya manusia beribadah kepada Allah SWT dengan keyakinan dan keimanan yang tinggi dan Tidak menjadi sia-sia belaka.

Cara Beribadah Kepada Allah SWT Menurut Pandangan Islam

Rasulallah SAW mengajarkan kita beribadah dengan adanya niat dari dalam hati. Niat ini sangat penting. Sebagaimana sabda Rasulallah SAW:

“ Amal itu tergantung dari niatnya, dan seseorang anya mendapatkan sesuai dengan niatnya”. HR. Bukhori dan Muslim.

Maksud sabda nabi di atas adalah bahwa setiap amal dan ibadah yang kita lakukan adalah dari niatnya, dan apa yang kita lakukan dan hasilnya tergantung dari niat itu sendiri. Sesering apapun orang beribadah kepada Allah dan Serajin apapun orang beribadah jikalau niatnya salah atau tak ada niat maka ibadah yang mereka lakukan akan sia-sia.

Maka dari sebab itu tanamkan niat dalam hati bahwa kita beribadah karena Allah SWT dan mengharapkan ridho Nya. Dan siapa yang beribadah dengan niat yang tulus karena Allah SWT niscaya dia akan mendapatkan hasilnya nanti di surga Allah SWT.  Nah itulah cara beribadah kepada Allah SWT.

Dalam sebuah hadits Rasulallah SAW bersabda:

“ siapa yang mengada-ada dalam urusan agama kami ini yang bukan (berasal dari dirinya). Maka dia tertolak”. HR. Riwayat bukhari dan Muslim.

Hadits di ats menjelaskan barang siapa yang melakukan ibadah yang bukan dari petunjuk dari Rasulallah SAW maka ibadahnya akan selalu sia-sia dan tidak mendapatkan Apa-apa. Dalam hadits tersebut juga menjelaskan orang-orang muslim harus mengikuti ajaran dan tata cara yang di laksanakan oleh Rasulallah SAW.

Kita harus melaksanakan ibadah harus dengan niat yang tulus dan harus mengikuti cara Rasulallah SAW beribadah dan mengakui Nabi Muhammad SAW adalah Rasul Allah SWT yang terakhir di turunkan Allah. Ibadah yang kita laksanakan sekarang adalah untuk menempuh kehidupan kita di akhirat yang kekal.

Nah itulah beberapa cara beribadah kepada Allah SWT  menurut pandangan islam yang dapat cara muslim tuliskan di artikel ini. semoga artikel ini bermanfaat untuk kita amalkan dan menambah pengetahuan tentang islam dan dapat mempertebal iman kita kepada Allah SWT. Amin.


Author Profile

About Taufiqurrahman

0 Komentar Cara Beribadah Kepada Allah SWT Menurut Pandangan Islam

Post a Comment

Back To Top