22 February 2017

Hukum Wanita Shalat Berjamaah Di Masjid

Advertisement
Shalat berjemaah di masjid sangat di utamakan dari pada shalat di rumah atau shalat sendiri. Shalat berjemaah tidak adab perbedaannya antara laki-laki atau pun perempuan. Pahalanya bagi yang shalat berjemaah di masjid jauh lebih besar dari pada shalat sendirian.

Ada beberapa pertanyaan dalam pelaksanaan shalat berjemaah antara laki-laki dan perempuan. Apakah hukumnya wanita shalat berjemaah di masjid? Dalam halal ini ada sebuah hadits yang menjelaskan bahwa laki-laki lebih di utamakan shalat di masjid dari pada sendirian. Dan perempuan lebih di utamakan shalat di rumah.

Hukum Wanita Shalat Berjamaah Di Masjid


Hukum Bagi Wanita Shalat Berjemaah Di Masjid

Dalam sebuah hadits di jelaskan: (Ungkapan Syaikh Zainudin Al-Malibari): shalat fardu berjemaah di masjid lebih di utamakan bagi laki-laki.

Dan ada pula hadits yang berbunyi: shalatlah kalian di rumah-rumah kalian karena shalat yang paling utama adalah shalatnya seseorang di rumahnya kecuali shalat fardhu.

dalam sebuah hadits: Seorang laki-laki juga mendapatkan keutamaan shalat berjemaah dengan melaksanakan bersama istri atau keluarga yang lain, bahkan pelaksanaan shalat berjemaah bersama keluarga di rumahnya lebih utama.

Boleh tidaknya wanita shalat berjemaah di masjid tentunya ada beberapa hal yang harus menjadi pertimbangannya. Caramuslim.com akan membahas hukum wanita shalat di masjid.  Hal ini ada beberapa hal yang harus di perhatikan bagi para wanita muslimah.

1. Tidak Menimbulkan Fitnah

Jika anda pergi ke masjid tidak akan menimbulkan fitnah di kalangan masyarakat, jika menimbulkan fitnah seharusnya di hindari. Jika hal itu terjadi maka seharusnya harus di atasi dengan cermat. Jika tidak menimbulkan fitnah maka tidak apa-apa.

2. Jangan Menimbulkan Perhatian Lawan Jenis

Jika wanita pergi ke masjid sangat di sarankan agar tidak perlu memakai perhiasan yang berlebihan  atau berdandan yang sangat berlebihan sehingga menarik perhatian dari lawan jenis dan menimbulkan ketidak nyamanan dalam beribadah. Tentu saja hal ini sangat mengundang bahaya atau keselamatan bagi wanita.

3. Jangan Pakai Parfum

Jika wanita shalat berjemaah ke masjid hendaknya jangan memakai parfum atau minyak wewangian karena hal ini sangat mengganggu seseorang dalam melaksanakan ibadah shalat berjemaah. Dan wewangian ini tercium oleh lawan jenis akan menimbulkan sahwat atau kekusyukan shalat.

4. Minta Izin Suami Bagi Yang Sudah Menikah

Bagi yang sudah menikah jangan di sarankan akan minta izin dulu pada suaminya jika ingin bepergian,  termasuk pergi ke masjid. Dan apabila suami anda tidak mengizinkan dengan alasan tertentu maka anda harus mengikuti kata suami.

5. Tidak Boleh Meninggalkan Rumah Jika Pekerjaan Rumah Belum Selesai

Jika wanita ke masjid maka jangan sampai pekerjaan yang ada di rumah sampai terbangkalai dan tidak terurus. Jangan sampai hak anak dan suami terabaikan.

6. Pakai Pakaian Yang Tertutup

Jika muslimah pergi ke masjid maka hendaklah memakai pakaian yang sopan, menutup aurat, tidak perpakaian yang ketat. Jangan sampai hal ini mengganggu lawan jenis karena tubuh anda. Jika anda berpakaian sopan maka semua jemaah pun akan shalat dengan tentram.

Nah itulah beberapa  hukum wanita shalat di masjid yang dapat caramuslim.com uraikan. Bagi wanita shalat di masjid boleh-boleh saja asalkan jangan sampai kewajiban di rumah sampai terbangkalai dan tidak terurus. Dan juga harus persetujuan suami bagi yang sudah menikah. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua dan menambah iman kita kepada Allah SWT. Amin.

Baca juga: Shalat Di Awal Waktu Dapat Menyehatkan Tubuh

Author Profile

About Taufiqurrahman

0 Komentar Hukum Wanita Shalat Berjamaah Di Masjid

Post a Comment

Back To Top