21 February 2017

Keutamaan Membaca Al-Qur’an Setiap Hari

Advertisement
Umat muslim di utamakan membaca Al-Qur’an dan mengamalkan isi Al-Qur’an tersebut. Tapi jika membaca Al-Qur’an setiap hari banyak hal yang kita dapatkan dan kita amalkan dan kita akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda dari Allah SWT.

Keutamaan Membaca Al-Qur’an Setiap Hari


Jika kita renungkan berapa kali kita membaca Al-Qur’an dalam minggu ini atau bulan ini. pertanyaan itu patut untuk kita renungkan. Jika kita umat muslim yang taat kepada Allah SWT seharusnya kita meluangkan waktu untuk membaca Al-Qur’an setiap habis shalat atau malam hari jika tidak ada pekerjaan.

Keutamaan Membaca Al-Qur’an Setiap Hari

Membaca Al-Qur’an setiap hari banyak hikmah yang dapat kita ambil, cara muslim akan memberikan beberapa keutamaan membaca Al-Qur’an setiap hari sebagai berikut.

1. Berkumpul Dan Membaca Bersama Dapat Pahala

Apabila kita berkumpul bersama dan Al-Qur’an serta memahaminya maka akan mendapatkan pahala dalam sabda nabi Muhammad SAW: tidak berkumpul suatu kaum di salah satu rumah Allah SWT , sedang mereka membaca kitab Nya dan mengkajinya, melainkan mereka di limpahinya ketenangan di curahi rahmat, di liputi para malaikat, dan di sanjungi oleh Allah di hadapan para makhluk dan di sisi Nya. ( HR. Abu Daud )

2. Manusia Yang Paling Baik Mempelajari Dan Mengajarkan Al-Qur’an

Dalam sabda Nabi Muhammad SAW :sebaik-baik kalian adalah siapa yang mempelajari Al-Qur’an dan mengamalkannya. ( HR Bukhari ).

3. Dengan Membaca Al-Qur’an Mendapat Kedudukan Yang Paling Tinggi Di Surga

Rasulallah SAW bersabda : di katakan kepada pembaca Al-Qur’an: Bacalah (Al-Qur’an), naiklah (pada derajat-derajat surga) dan bacalah dengan tartil sebagaimana engkau membacanya dengan tartil di dunia. Sesungguhnya kedudukan derajatmu sehingga kadar akhir ayat yang engkau baca. (HR. Ahmad).

4. Mendapat Pahala Yang Besar

Dalam membaca Al-Qur’an akan mendapatkan pahala yang besar sebagaimana sabda Nabi: Siapa saja yang membaca satu huruf dari kitab Allah (Al-Qur’an), maka baginya satu kebaikan, dan satu kebaikan itu di balas dengan sepuluh kali lipatnya. (HR. At-Tirmidzi)

5. Orang Tua Mendapat Pahala Jika Anaknya Belajar Al-Qur’an

Dalam sebuah hadits di jelaskan: Siapa saja membaca Al-Qur’an, mempelajari dan mengamalkannya, maka di pakaikan kepada kedua orang tuanya pada hari kiamat mahkota dari cahaya yang sinarnya bagaikan sinar matahari, dan di kenakan kepada kedua orang tuanya dua perhiasan yang nilainya tidak tertandingi oleh dunia keduanya bertanya, bagaimana di pakaikan kepada kami semuanya itu?. Di jawab, karena anakmu telah membawa Al-Qur’an. (HR. Hakim)

6. Memberi Syafa’at Kepada Ahlinya DI Akhirat

Nabi Muhammad SAW bersabda: Bacalah Al-Qur’an karena ia akan datang pada hari kiamat sebagai pemberi syafa’at kepada ahlinya. (HR. Muslim)

7. Orang Membaca Al-Qur’an Seperti Bersedekah

Dalam sabda Rasulallah: orang yang membaca Al-Qur’an terang-terangan seperti orang yang bersedekah terang-terangan, orang yang membaca Al-Qur’an secara tersembunyi seperti orang yang bersedekah secara sembunyi. (HR. Abu Daud)

8. Al-Qur’an Adalah Cahaya

Nabi bersabda: Aku wasiatkan kepada kalian agar bertakwa kepada Allah dan Al-Qur’an sesungguhnya ia adalah cahaya kegelapan, petunjuk di siang hari maka bacalah dengan sungguh-sungguh. (HR. Baihaqi)

Itulah manfaat membaca Al-Qur’an setiap hari, sebenarnya masih banyak manfaat yang lainnya dalam membaca Al-Qur’an ini. bukan sekedar membacanya tapi kita juga harus mengamalkan isi dan kandungan dalam Al-Qur’an tersebut. Agar kita menjadi mukmin yang selalu bertakwa kepada Allah SWT dan mendapat surga nya Allah SWT nantinya.

Itulah yang dapat caramuslim.com tulis dalam artikel ini. semoga dengan artikel ini akan menambah ilmu dan pengtahuan kita terhadap ilmu agama islam dan dapat mendekatkan diri kita kepada Allah SWT. Semoga bermanfaat.


Author Profile

About Taufiqurrahman

0 Komentar Keutamaan Membaca Al-Qur’an Setiap Hari

Post a Comment

Back To Top