26 February 2017

Keutamaan Menghafal Al-Qur’an Dan Hikmahnya

Advertisement
Pada kesempatan ini carailmiah.com akan membahas tentang keutamaan menghafal Al-Qur’an serta hikmahnya. Jika kita lihat pada zaman sekarang, orang-orang pada sibuk dengan pekerjaannya. Dan tentunya dalam membaca Al-Qur’an sangat jarang dan kadang tidak membaca Al-Qur’an. Apalagi untuk menghafal Al-Qur’an.

Dalam surat Al-Hijr ayat 15 Allah SWT berfirman: Sesungguhnya kamilah yang menurunkan Al-Qur’an, dan sesungguhnya kami pula yang akan benar-benar memeliharanya.

Keutamaan Menghafal Al-Qur’an Dan Hikmahnya


Arti ayat di atas Allah SWT yang menurunkan Al-Qur’an dan Allah SWT menjamin akan kesucian dan keaslian Al-Qur’an sampai hari kiamat nantiya.

Keutamaan Menghafal Al-Qur’an 

Menghafal Al-Qur’an tidak hanya sekedar untuk di hafal saja. Tapi banyak keutamaan yang dapat kita ambil dari menghafal tersebut. Pahala bagi orang yang menghafal Al-Qur’an tersebut sangat banyak. Tidak salahnya kita menghafal sedikit demi sedikit setiap hari.

Di bawah ini ada beberapa keutamaan dan hikmah membaca Al-Qur’an yang caramuslim tuliskan yaitu:

1. Dimuliakan Allah SWT

Hikmah orang yang menghafal Al-Qur’an salah satunya adalah di muliakan oleh Allah SWT, dalam sebuah Hadits di jelaskan sebagai berikut:

Sesungguhnya termasuk mengagungkan Allah menghormati orang tua yang muslim, menghafal Al-Qur’an yang tidak melampaui batas (dalam mengamalkan dan memahaminya) dan tidak menjauhinya (enggan membaca dan mengamalkannya) dan penguasa yang adil. (HR. Abu Daud)

2. Mendapatkan Syafaat

Dalam sebuah Hadits di sebutkan: penghafal Al-Qur’an akan datang pada hari kiamat dan Al-Qur’an berkata: Wahai tuhanku, bebaskanlah dia, kemudian orang itu di pakaikan mahkota karamah (kehormatan). Al-Qur’an kembali meminta: wahai tuhanku, ridhoilah dia, maka Allah meridhoinya. Dan di perintahkan kepada orang itu, bacalah dan terus naiki (derajat-derajat surga). Dan Allah menambahkan dari setiap ayat yang di bacanya tambahan nikmat dan kebaikan. (HR Tirmidzi).
Begitu banyak manfaat dari menghafal Al-Qur’an. Dan tentunya sebagai penolong pada hari kiamat nantinya.

3. Di Hormati Dan Lebih Di Utamakan

Orang yang lebih banyak hafalan Al-Qur’an dan sempurna dia di segani di hormati oleh orang banyak. Apalagi di hadapan Allah SWT. Dalam sebuah hadits di jelaskan: 

Dari Abu Hurairah ia berkata: Telah mengutus Rasulallah SAW sebuah delegasi yang banyak jumlahnya, kemudian Rasul mengetes hafalan mereka, kemudian satu persatu di suruh membaca apa yang dia hafal. Maka sampailah pada shahabi yang paling muda usianya, beliau bertanya, surat apa yang kau hafal? Ia menjawab, Aku hafal surat ini... surat ini Al-Baqarah. Benarkah kamu menghafal surat Al-Baqarah? Tanya nabi lagi. Shahabii menjawab, benar. Nabi bersabda. Berangkatlah kamu dan kamulah pemimpin delegasi. (HR. At-Turmudzi dan An-Nasa’i)

4. Manusia Yang Terbaik Dari manusia Lainnya

Dalam sebuah hadits di jelaskan:

Sebaik-baik orang di antara kalian adalah orang yang mempelajari Al-Qur’an dan mengajarkannya. (HR.Bukhari)

5. Menjadi Keluarga Allah

Bagi yang suka membaca dan menghafal Al-Qur’an sangat di muliakan Allah SWT dan di jadikan Allah SWT keluarga Nya. Dalam sebuah Hadits Rasulallah SAW bersabda:

Sesungguhnya Allah mempunyai keluarga di antara manusia, para sahabat bertanya, siapakah mereka ya Rasulallah? Rasul menjawab, para ahli Al-Qur’an., mereka keluarga Allah dan pilihan-pilihan Allah. (HR.Ahmad)

Baca juga:

Dalam menghafal Al-Qur’an tidak hanya di ucapkan di lidah saja. Namun harus di amalkan dan di pahami untuk diri kita dan di ajarkan kepada orang lain. Orang yang selalu mengamalkan Al-Qur’an akan selalu di rindukan oleh surga dan mendapat derajat yang tinggi di hadapan Allah SWT.

Nah, itulah keutamaan menghafal Al-Qur’an dan hikmah yang dapat kita ambil dari menghafal tersebut. Sebenarnya masih banyak keutamaan yang lainnya dai menghafal Al-Qur’an tersebut. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat kita amalkan sehari-hari. Semoga bermanfaat.

Author Profile

About Taufiqurrahman

0 Komentar Keutamaan Menghafal Al-Qur’an Dan Hikmahnya

Post a Comment

Back To Top