25 February 2017

Manfaat Shalat Berjamaah Dan Hikmahnya

Advertisement
Banyak manfaat yang dapat kita ambil dari shalat berjamaah dan banyak hikmah yang dapat kita ambil. Seperti Rasulallah SAW selalu shalat berjamaah setiap waktu shalat tiba, terkadang dalam keadaan sakitpun beliau tetap shalat berjamaah. Dan Nabi Muhammad SAW menganjurkan agar umatnya selalu beribadah dan shalat berjamaah di masjid.

Dalam sebuah hadits di jelaskan bahwa: Demi jiwaku yang berada dalam kekuasaan Nya, sungguh aku bertekad menyuruh mengumpulkan kayu bakar, kemudian aku suruh seseorang adzan untuk shalat dan seseorang untuk mengimami manusia, kemudian aku pergi kepada orang-orang yang tidak ikut shalat, kemudian aku bakar rumah mereka. (HR. Bukhari).

Manfaat Shalat Berjamaah Dan Hikmahnya


Rasulallah SAW selalu mengajak umatnya untuk shalat berjamaah di masjid, dalam sabda nabi: Tidak sempurna shalat seseorang yang bertetangga dengan masjid kecuali dengan berjamaah. (HR.Imam Ahmad).

Isi dari hadits di atas Rasulallah mengajak umatnya betapa besar manfaatnya shalat berjamaah di masjid. Dan beliau selalu menghimbau apalagi yang rumahnya berdekatan dengan masjid. Harus melaksanakan shalat berjamaah di masjid.

Manfaat Shalat Berjamaah Dan Hikmah Shalat Berjamaah

Allah SWT menjelaskan dalam surat At-Taubah : 18 :hanyalah yang memakmurkan masjid-masjid  Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian serta tetap mendirikan shalat, menunaikan zakat, dan tidak takut kepada selain Allah.

Untuk itu caramuslim.com akan membahas beberapa manfaat shalat berjamaah dan hikmah yang di dapat dari shalat berjamaah tersebut. Manfaat dan hikmahnya adalah sebagai berikut:

1. Tumbuhnya Persaudaraan Dan Kebersamaan

Jika kita shalat berjamaah di masjid maka akan bertemu dengan jamaah lainnya. Dan semakin sering kita berjamaah maka akan semakin sering kita bertemu dengan sesama muslim. Dan tentunya ini akan menimbulkan rasa persaudaraan antar muslim dan kebersamaan dalam beribadah kepada Allah SWT.

2. Di Jauhkan Dari Sifat Yang Buruk

Manfaat shalat berjamaah adalah menjaga kita dari sifat yang kurang baik, hal ini di jelaskan Rasulallah SAW: tidak ada shalat yang lebih berat dari orang muafik melebihi shalat subuh dan isya, dan seandainya mereka mengetahui pahala pada keduanya, niscaya mereka akan datang ( berjamaah) meskipun dengan merangkak. (Muttafakun Alaiha)

Dan Allah SWT menjelaskan dalam surat An-Nisa’ ayat 142 menjelaskan: Sesungguhnya orang musafik itu menipu Allah. Dan Allah akan membalas tipuan mereka. Dan apabila mereka berdiri untuk shalat, mereka berdiri dengan malas, mereka bermaksud ria dengan shalat di hadapan manusia. Dan tidaklah menyebut Allah kecuali sedikit sekali.

Baca juga: Shalat Di Awal Waktu Dapat Menyehatkan Tubuh

3. Pahalanya Berlipat Ganda

Dalam sebuah hadits di jelaskan : shalat berjamaah itu lebih utama dari shalat sendiri dengan dilipatkan sampai dua puluh tujuh derajat.

4. Menjadi Sebab Di Ampuni Dosa

Nabi Muhammad SAW bersabda: barang siapa yang berwudu untuk shalat dan menyempurnakan wudhunya, lalu berjalan untuk menunaikan shalat, dan ia shalat bersama manusia atau berjamaah di dalam masjid, maka Allah akan mengampuni dosa-dosanya.

Di dalam shalat berjamaah kita di ajarkan untuk selalu menjaga dan bersilaturrahmi antar sesama jemaah masjid makanya Nabi Muhammad SAW selalu mengajarkan kita untuk selalu shalat berjamaah ke masjid. Selain itu kita dapat pahala yang jauh lebih besar dari pada kita shalat sendiri di rumah.

Nah, itulah beberapa manfaat shalat berjamaah dan hikmahnya yang dapat caramuslim.com tuliskan dalam artikel ini. sebenarnya masih banyak manfaat dan faedah yang dapat kita ambil dari shalat berjamaah ini. semoga artikel ini dapat menambah ilmu pengetahuan kita tentang islam dan dapat kita terapkan dalam kehidupan dan mendapat pahala yang berlipat dari Allah SWT. Amin.

Baca juga: Cara beribadah Kepada Allah Menurut Pandangan Islam

Author Profile

About Taufiqurrahman

0 Komentar Manfaat Shalat Berjamaah Dan Hikmahnya

Post a Comment

Back To Top