24 February 2017

Pahala Mencari Nafkah Untuk Keluarga

Advertisement
Pahala Mencari Nafkah Untuk Keluarga – Bagi laki-laki yang sudah mempunyai keluarga tentunya sangat wajib baginya mencari nafkah untuk kehidupan keluarganya. Mencari nafkah yang halal adalah yang paling utama bagi umat islam. Dan setiap kita sangat ingin mencari nafkah yang banyak dan halal.


Pahala dan hikmah mencari nafkah untuk keluarga tentunya sangat banyak manfaatnya bagi kita. Bagi suami yang mencari nafkah dari pagi sampai malam hari tentunya sangat menguras keringat dan kelelahan dalam mencari nafkah. Dan Allah SWT akan membalas setiap keringat yang di keluarkan dengan pahala yang sangat besar bagi suami yang bekerja keras.

Pahala Mencari Nafkah untuk Keluarga Sangat Besar

Allah SWT tidak akan menyia-nyiakan hambanya yang mencari nafkah untuk keluarganya yang selalu bekerja keras untuk menghidupi keluarganya. Dan tentunya dengan niat yang tulus karena Allah SWT.
Dalam sebuah Hadits di jelaskan: takkala kami (para sahabat) duduk disisi Rasulallah SAW, tiba tiba ada seorang pemuda yang keluar dari jalan bukit, ketika kami memperhatikannya, maka kami pun berkata, kalau saja pemuda ini menggunakan kekuatan dan masa mudanya untuk jihat di jalan Allah ! mendengar ucapan para sahabat itu, Rasulallah SAW bersabda, memangnya jihad di jalan Allah itu hanya yang terbunu (dalam perang) saja? Siapa yang bekerja untuk kedua orang tuanya, maka dia di jalan Allah, siapa yang bekerja menghidupi keluarganya maka dia di jalan Allah, tapi siapa yang bekerja untuk bermewah-mewahan (memperbanyak harta) maka dia di jalan thaghut. (HR. Thabrani, Al-Mu’jam Al-Ausath)

Pahala Mencari Nafkahnya Sebagai berikut:

1. Mencari nafkah Termasuk Dalam Sedekah

Suami yang memberikan nafkah pada istrinya adalah di nilai sedekah di mata Allah SWT. Dalam memberikan nafkah ini Allah SWT telah berjanji akan memberikan pahala yang berlipat ganda nantinya.

Nabi Muhammad SAW bersabda:

Dalam sabda Rasulallah SAW di jelaskan: harta yang di keluarkan sebagai makanan untukmu di nilai sebagai sedekah untukmu. Begitu pula makanan yang engkau berikan pada anakmu, itupun di nilai sebagai sedekah untukmu. Juga makanan yang engkau berikan pada pembantumu, itu juga sedekah. (HR. Ahmad)

2. Allah SWT Akan Mengganti Dengan Harta Yang Lebih Baik Lagi

Bagi suami yang mencari nafkah dan memberikan nafkahnya ke pada istrinya maka suami tersebut sama dengan berinfak,  dan pahala yang di dapatkan oleh suami tersebut sama degan pahala berinfak. Dan Allah akan mengganti dengan harta yang lebih baik dari sebelumnya.

Dalam Hadits di jelaskan Nabi Muhammad SAW bersabda: Tidaklah para hamba bepergian di dalamnya melainkan ada malaikat yang turun, salah satunya berkata, ya Allah, berilah ganti dengan orang yang senang berinfak,  yang lain mengatakan: ya Allah berilah kebangkrutan kepada orang yang pelit. ( HR. Bukhari)

3. Pahala Yang Sangat Besar 

Jika suami niat karena Allah dan dia bekerja dengan keras dan semangat maka Allah SWT telah menjanjikan pahala yang sangat besar baginya. Akan tetapi jika anda bekerja hanya untuk bekerja dan mencari nafkah tanpa niat karena Allah tentu saja hal ini tidak mendapatkan pahala dari Allah SWT. Karena pahala akan mengalir jika niatnya di dasarkan karena Allah SWT.

Nabi Muhammad SAW bersabda: Sesungguhnya tidaklah engkau menafkahkan (harta) dengan tujuan mengharapkan (melihat) wajah Allah (pada hari kiamat) kecuali kamu akan mendapatkan ganjaran pahala (yang besar) sampaipun makanan yang kamu berikan kepada istrimu. (HR. Bukhari)

4. Menafkahi Kepada Keluarga Paling Di Utamakan

Suami sangat di butuhkan untuk memenuhi kewajibannya menafkahi keluarganya, pahala yang di berikan kepada keluarga jauh lebih besar dan lebih di utamakan dari pada kita berinfak atau sedekah. Dan harus dengan rezeki yang halal.

Rasulallah SAW bersabda: satu dinar yang engkau keluarkan di jalan Allah, lalu satu dinar yang engkau keluarkan untuk memerdekakan seorang budak, lalu satu dinar yang engkau keluarkan untuk satu orang miskin, di bandingkan dengan satu dinar yang engkau nafkahkan untuk keluargamu maka pahalanya lebih besar ( dari amalan kebaikan yang di sebutkan). (HR. Muslim)

5. Tanggung Jawab Suami Adalah Mencari Nafkah

Segala kebutuhan keluarga adalah dalam tanggung jawab suami sepenuhnya, mulai dari makanan, tempat tinggal, pakaian dan kebutuhan lainnya adalah tanggung jawab suami. Namun dalam memberikan nafkah kepada keluarga Allah SWT akan memberikan pahala yang lebih baik. Tanggung jawab dalam bekeluarga sangatlah berat. Tapi Allah tidak menyia-nyiakan bagi suami yang mencari nafkah dengan titik keringatnya.

Dalam sebuah hadits di sebutkan: Allah akan bertanya pada setiap pemimpin atas apa yang ia pimpin, apakah ia memperhatikan atau mengabaikanya. (HR. Ibnu Hibban).

Nah, itulah pahala mencari nafkah untuk keluarga yang dapat kita pedomani untuk kehidupan kita. Untuk para pemimpin keluarga carilah harta yang halal lagi baik untuk keluarga anda, karena Allah telah berjanji untuk membalas yang jauh lebih baik dari apa yang anda berikan kepada keluarga. Semoga artikel dari caramuslim.com ini bermanfaat bagi kita semua dan menambah ilmu pengetahuan kita tentang mencari nafkah untuk keluarga. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Hukum Wanita Shalat Berjemaah Di Masjid

Author Profile

About Taufiqurrahman

0 Komentar Pahala Mencari Nafkah Untuk Keluarga

Post a Comment

Back To Top