30 April 2017

Kelelahan Yang Di Sukai Allah SWT Dan Pahala Di Baliknya

Advertisement
Kelelahan yang di sukai Allah SWT dan Pahala di baliknya – dalam menjalani kehidupan yang serba berkecukupan ini terkadang kita merasa kelelahan. Kelelahan ini sangat di sukai Allah SWT jika kita bersyukur dan tidak mengeluh.

Kelelahan yang di sukai Allah SWT dan Pahala di baliknya

Kelelahan dalam mencari nafkah, membanting tulang dalam mencari harta yang halal, terkadang panas dan hujan pun di hadapi demi mencari nafkah untuk keluarga. Setelah di rumah terkadang juga banyak tugas yang menumpuk.

Kelelahan Yang Di Sukai Allah SWT Dan Pahala Di Baliknya

Akan tetapi di balik kelelahan yang kita hadapi tentunya Allah sangat menyukai dan memberikan pahala yang sangat besar dan berlipat-lipat. Allah Sangat menyukai orang yang bekerja keras. Akan tetapi harus tetap iklas karena Allah SWT. Caramuslim.com akan menerangkan beberapa kelelahan yang di sukai Allah SWT dan pahala di baliknya.

1. Lelah Dalam Serba Kekurangan, Kesusahan Dan Sakit

Dalam surat Al-Baqarah ayat 155 Allah berfirman:

Dan sungguh akan kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang sabar.

2. Lelah Dalam Beribadah

Dan orang-orang yang berjihad untuk ( mencari keridoan) Kami, benar-benar akan kami tunjukkan kepada mereka jalan-jalan kami. Dan sesungguhnya Allah benar-benar beserta orang-orang yang berbuat baik. (QS.29:69).

3. Lelah Dalam Mengandung, melahirkan Dan Mengurus Anak

Orang tua yang mengandung dan melahirkan serta mengurus anak-anak mereka adalah di jalan Allah SWT. Sebagai mana yang telah di turunkan dalam surat Al-Luqman ayat 14 sebagai berikut:

Dan kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada kedua ibu bapaknya, ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun, bersyukurlah kepadaku, dan kepada kedua orang ibu bapak mu, hanya kepada Ku lah kembali.

4. Lelah Dalam Mencari Nafkah Yang Halal

Allah berfirman dalam surat Al-Jumuah ayat 10:

Apabila telah di tunaikan shalat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi, dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung.

Dalam firman Allah tersebut Allah SWT telah menjanjikan bahwa jika kita bekerja untuk mencari rezeki yang halal dan baik maka Allah telah menjanjikan akan memberikan yang lebih baik lagi. Bahkan Rasulallah SAW telah memberikan kita kabar gembira dalam mencari rezeki yang halal dan baik. Yaitu: barang siapa pada malam harinya merasakan kelelahan mencari rezeki pada siang harinya, maka pada malam itu ia di ampuni dosanya oleh Allah.

Baca juga: Kewajiban Istri Saat Suami Pulang bekerja

5. Kelelahan Karena Jihad Di Jalan Allah SWT

Orang-orang yang bekerja untuk mencari nafkah yang selalu kelelahan juga bisa di sebut dengan jihad di jalan Allah SWT. Dalam surat At-Taubah ayat 111 Allah berfirman:

Sesungguhnya Allah telah membeli dari orang-orang mukmin diri dan harta mereka dengan memberikan surga untuk mereka.

Suatu saat nabi dan sahabat sedang melihat seorang laki-laki yang sangat rajin bekerja , seseorang sahabat berkomentar, wahai Rasulallah, andai saja keuletannya itu di pergunakannya di jalan Allah. Rasulallah menjawab: apabila dia keluar mencari rezeki karena anaknya yang masih kecil, maka dia di jalan Allah. Apabila dia keluar mencari rezeki karena ke dua orang tuanya yang sudah renta  maka dia di jalan Allah. Apabila dia mencari rezeki karena dirinya sendiri supaya terjaga harga dirinya maka dia di jala Allah, apabila dia mencari rezeki karena ria dan kesombongan maka dia di jalan setan. (Al-Mun dziri, At-targghib wa At-Tarhib).

6. Lelah Dalam Mengurus Keluarga

Dalam surat Al-Tahrim ayat 6 Allah berfirman:

Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu, penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, yang keras, yang tidak mendurhakai (perintah) Allah terhadap apa yang telah di perintahkannya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang di perintahkan.

7. Lelah Dalam Berdakwah

Dalam surat Fushshlihat ayat 33 Allah berfirman:

Siapa yang lebih baik perkataannya dari pada orang yang menyeru kepada Allah, mengerjakan amal yang soleh dan berkata. Sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang menyerah diri.

8. Lelah Dalam Menuntut Ilmu

Dalam surat Ali Imran ayat 79 Allah SWT berfirman:

Tidak wajar bagi seorang manusia yang Allah berikan kepadanya Al Kitab, hikmah, dan kenabian, lalu dia berkata kepada manusia, hendaklah kamu menjadi penyembah-penyembahku bukan penyembah Allah, akan tetapi (dia berkata): hendaklah kamu menjadi orang-orang rabbani, karena kamu selalu mengajarkan Al Kitab dan di sebabkan kamu tetap mempelajarinya.

Nah itulah kelelahan yang di sukai Allah SWT dan pahala di baliknya yang dapat caramuslim.com tuliskan dalam artikel ini. semoga apapun yang kita lakukan akan menjadi nilai ibadah d sisi Allah SWT. Amin. Semoga bermanfaat.


Author Profile

About Taufiqurrahman

0 Komentar Kelelahan Yang Di Sukai Allah SWT Dan Pahala Di Baliknya

Post a Comment

Back To Top