18 April 2017

Makna Ibadah Puasa Serta Macam-Macam Puasa

Advertisement
Makna ibadah puasa serta macam-macam puasa – ibadah puasa adalah hal yang sangat di tunggu-tunggu oleh seluruh umat muslim yang ada di dunia. Karena di bulan itu sangat banyak pahala yang berlimpah dan orang-orang berlomba-lomba beribadah untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Makna ibadah puasa serta macam-macam puasa

Puasa di artikan yaitu menahan diri dari segala yang membatalkan puasa tersebut seperti makan yang di sengaja, berbuat dosa, dan lain sebagainya. Puasa di mulai dari terbitnya matahari sampai terbenamnya matahari.

Makna Ibadah puasa Serta Macam-Macam Puasa

Dengan beribadah puasa maka akan melatih diri agar menjadi mukmin yang disiplin dengan waktu, menjadi mukmin yang kuat, tegar, dan menjadikan mukmin yang suka menolong antar sesama manusia, jadi puasa sangat banyak hikmah dan maknanya.

Caramuslim.com akan memberitahukan makna ibadah puasa serta macam-macam puasa yang kita lakasanakan di bulan ramadhan maupun di luar bulan ramadhan.

Jenis Dan Macam-Macam Puasa

1. Puasa wajib

Puasa wajib yaitu setiap orang muslim wajib melaksanakan puasa, yaitu terdapat di bulan ramadhan selama satu bulan penuh. Jika meninggalkan puasa tanpa alasan tertentu maka akan mendapatkan dosa yang besar. Jadi kita wajib melakukan puasa di bulan ramadhan.

2. Puasa sunnah

Puasa sunnah yaitu jika melakukan puasa boleh dan jika tidak puasa maka tidak apa-apa. Ada beberapa jenis pembagian puasa sunnah yang bisa kita lakukan sehari-hari.

  • Puasa pada waktu hari senin dan hari Kamis
  • Puasa enam hari di bulan Syawal
  • Puasa Arafah (Dzulhijjah taggal 9
  • puasa di hari ke 13, 14, 15 di bulan lunar
  • Puasa Ashurra yaitu 10 Muharram 

3. Puasa Karafah

Puasa karafah yaitu puasa yang di bayarkan di karenakan tidak dapat melakukan sesuatu atau memberikan dari sebuah hukuman  dan melalaikan sebuah kewajiban. Ini di sebabkan berdasarkan jika ia ingin memerdekakan budak atau tidak mampu memberi makan orang fakir miskin sebanyak 10 orang maka ia wajib membayar dengan berpuasa selama tiga hari.

Hikmah Yang Yang Di Dapat Dari Berpuasa

  • Akan menimbulkan kasih sayang kepada Allah SWT dan antar sesama manusia.
  • Dengan berpuasa manusia akan mendapatkan rasa syukur kepada Allah SWT atas karunia yang telah di berikan Allah SWT terhadap dirinya. 
  • Dengan berpuasa maka kita akan menimbulkan kejujuran yang tinggi, meningkat diri untuk berbuat baik terhadap sesama manusia dan meningkatkan iman kepada Allah SWT.
  • Melakukan ibadah puasa akan melatih diri untuk tetap sabar, sabar adalah penyakit yang sangat susah untuk di hilangkan, makanya puasa bisa di lakukan oleh orang-orang yang sabar.
  • Puasa dapat melatih diri dari hawa nafsu agar kita tidak hidup berlebih-lebihan dan saling berbagi antar sesama muslim.

Orang Yang Tidak Di Wajibkan Berpuasa

Ibadah puasa puasa di wajibkan bagi seluruh umat muslim yang sudah baligh berakal sehat. Namun ada orang-orang yang tidak di wajibkan untuk melaksanakan puasa yaitu di antara lain.
Merasa yakin bahwa puasa tidak mungkin menyebabkan Anda bahaya, fisik maupun mental, selain reaksi normal terhadap lapar, haus, dan lainnya.

1. Yang Belum Baligh Berakal

Tidak di wajibkan kepada orang yang belum baligh atau dia masih anak-anak akan tetapi mereka harus di ajarkan untuk melakukan puasa hanya sampai dimana mereka mampu untuk melakukan puasa. Nah itu adalah tugas orang tua.

2. Lanjut Usia

Bagi orang yang telah lanjut usia atau orang tua yang tidak mampu lagi untuk melakukan ibadah puasa. Dalam arti kata sudah tidak dapat lagi melakukan puasa. Dan dia harus memberikan makan kepada orang fakir miskin sebagai gantinya.

3. Orang Sakit

Orang yang sakit boleh tidak melakukan puasa. Akan tetapi setelah itu mereka harus mengganti di hari lain sebanyak puasa yang di tinggalkannya itu.

4. Dalam Perjalanan

Seseorang boleh tidak puasa jika dia dalam perjalanan yang jauh hingga memungkinkan untuk tidak berpuasa di hari itu. Dan dia juga di wajibkan mengganti puasa tersebut.

5. Wanita Hamil Dan Menyusui

Wanita yang sedang hamil dan menyusui boleh tidak melakukan puasa. Di kawatirkan jika mereka puasa akan merusak janinnya atau bayinya. Dan mereka juga wajib menggantinya di kemudian harinya.

6. Wanita Menstruasi

Wanita yang di masa menstruasi di larang untuk berpuasa. Akan tetapi di wajibkan untuk membayar puasanya di hari yang lain.

Nah, itulah beberapa Makna ibadah puasa serta macam-macam puasa yang dapat caramuslim tuliskan di artikel ini. semoga dengan artikel ini kita dapat meningkatkan iman kita kepada Allah SWT. Dan dapat kita amalkan untuk bekal di akhirat nanti, amin.

Baca juga:

Author Profile

About Taufiqurrahman

0 Komentar Makna Ibadah Puasa Serta Macam-Macam Puasa

Post a Comment

Back To Top