02 April 2017

Manfaat Qurban Dan Hikmah Qurban Hari Raya Idul Adha

Advertisement
Manfaat qurban dan hikmah qurban sangat banyak sekali. Terkadang kebanyakan orang berkurban tidak mengetahui hikmah dan manfaat dari berqurban tersebut.  Hari raya Idul  Adha datang dan sebagian orang melaksanakan ibadah haji ke tanah suci mekkah dan melaksanakan haji di mekkah selama hari raya idul adha.

Manfaat Qurban Dan Hikmah Qurban Hari Raya Idul Adha

Dan bagi sebagian orang yang tidak berkesempatan untuk melaksanakan ibadah haji maka sangat di anjurkan untuk berkurban di hari raya Idul Adha bagi yang mampu melaksanakan kurban tersebut. Di samping itu banyak sekali manfaat dan hikmah qurban yang dapat kita ambil dari qurban tersebut. Kita harus memahami  manfaat dan keutamaan dari qurban tersebut.

Manfaat Qurban Serta Hikmah Qurban Di Hari Raya Idul Adha

Oleh sebab itu caramuslim.com akan memberitahukan manfaat serta hikmah dari qurban yang kita laksanakan tersebut. Sebagai umat umat islam kita harus tau dan banyak mengetahui hal tersebut untuk menambah ilmu pengetahuan dan menambah ibadah kita kepada Allah SWT. Nah inilah beberapa manfaat dan hikmah qurban yang caramuslim.com ketahui dari berbagai sumber.

1. Qurban Adalah Ibadah Yang Sangat Di Sukai Allah SWT

Dalam sebuah hadits di jelaskan: tidak ada amalan anak cucu Adam pada hari raya Qurban yang lebih di sukai Allah melebihi dari pegucuran darah (menyembelih hewan Quran), sesungguhnya pada hari kiamat nanti hewan-hewan tersebut  akan datang lengkap dengan tanduk-tanduknya, kuku-kukunya, dan bulu-bulunya, sesungguhnya darahnya akan sampai kepada Allah sebagai qurban dimanapun hewan itu di sembelih sebelum darahnya sampai ke tanah, maka iklaskanlah menyembelihnya. (HR. Ibn Majah dan Tarmidzi).

Orang yang selalu berqurban akan mendapat pertolongan di hari akhir nantinya dari hewan yang di sembelihnya. Maka tidaklah sia-sia amalan setiap orang yang berqurban dengan iklas arena Allah SWT karena pahalanya yang sangat besar.

2. Qurban Adalah Ciri-Ciri Umat Nabi Muhammad SAW

Dalam sebuah hadits di jelaskan: Dari Abu Hurairah, Rasulallah SAW bersabda: Siapa yang mendapati dirinya dalam keadaan lapang lalu ia tidak berqurban, maka janganlah ia mendekati tempat shalat kami. (HR. Ahmad Dan Ibnu Majah)

3. Memahami Makna Ujian Kecintaan Dari Allah Kepada nabi Ibrahim

Dalam Al-Qur’an Allah berfirman dalam surat Ash Shaffat ayat 102-107 yang di jelaskan:
Maka tatkala anak itu sampai (pada umur sanggup) berusaha bersama-sama Ibrahim, Ibrahim berkata: hai anakku sesungguhnya aku melihat dalam mimpi bahwa aku menyembelihmu. Maka berfikirlah apa pendapatmu, Ia menjawab: Hai bapakku, kerjakanlah apa yang di perintahkan kepadamu, insya Allah kamu akan mendapatiku termasuk orang-orang yang sabar, tatkala keduanya telah berserah diri dan ibrahim membaringkan anaknya di atas pelipisnya,(nyatalah kesabaran keduanya), dan kami panggil dia: Hai Ibrahim, sesungguhnya kamu telah membenarkan mimpi itu sesungguhnya demikianlah kami memberikan balasan kepada orang-orang yang berbuat baik. Sesungguhnya ini benar-benar  suatu ujian yang sangat nyata. Dan kami tebus anak itu dengan seekor sembelihan yang sangat besar.

4. Setiap Helai Bulu Hewan Qurban Adalah Satu Kebaikan

Dalam sebuah hadits di jelaskan bahwa:
Zaid bin Arqam berkata: Wahai Rasulallah, apakah kurban itu? Rasulallah Menjawab: qurban adalah sunnahnya bapak kalian, nabi Ibrahim, Mereka menjawab: apa keutamaan yang akan kami peroleh dengan qurban itu? Rasulallah menjawab: Setiap helai rambutnya adalah satu kebaikan. Mereka menjawab: kalau bulu-bulunya? Rasulallah menjawab: Setiap helai bulunya juga satu kebaikan. (HR. Ahmad dan Ibnu Majah).

Nah yang harus ketahui adalah setiap helai bulu dan rambut dari hewan yang di qurbankan mempunyai satu kebaikan yang kita dapatkan. Bayangkan berapa helaikah bulu hewan yang kita qurbankan itu.

5. Qurban Adalah Ibadah Yang Di Utamakan Setiap Orang Muslim

Dalam Al-Qur’an Allah SWT menjelaskan dalam surat Al-Kautsar ayat 2:
Maka dirikanlah shalat karena tuhanmu dan berqurbanlah.

Dan dalam surat Al-An’am ayat 162 di jelaskan:
Katakanlah: sesungguhnya shalatku, sembelihanku (qurban), hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah, tuhan semesta alam.

Jadi setiap umat islam itu sangat di utamakan dalam berqurban karena qurban adalah sebagian dari pada ibadah kepada Allah SWT.

6. Qurban Sebagian Dari Syiar agama Islam

Dalam surat Al-hajj ayat 34 Allah SWT menjelaskan: dan bagi tiap-tiap umat islam telah kami syari’atkan penyembelihan ( qurban), supaya mereka menyebut nama Allah terhadap binatang ternak yang telah di rezekikan Allah kepada mereka< maka tuhanmu ialah tuhan yang maha esa, karena itu berserah dirilah kamu kepadanya. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang tanduk patuh(kepada Allah).

Nah, itulah beberapa manfaat dan hikmah qurban bagi kita sebagai umat islam yang berbakti kepada Allah SWT yang dapat caramuslim.com tuliskan dalam artikel ini yang di dapat dari berbagai sumber. Dan sebenarnya masih banyak lagi manfaat dan hikmah dai qurban ini. semoga bermanfaat bagi kita semua dan dapat menambah keimanan kita kepada Allah SWT.

Author Profile

About Taufiqurrahman

0 Komentar Manfaat Qurban Dan Hikmah Qurban Hari Raya Idul Adha

Post a Comment

Back To Top