10 May 2017

Cara Agar Tidak Malas Shalat Lima Waktu

Advertisement
Cara agar tidak malas shalat lima waktu – Shalat lima waktu adalah dimana kita mengingat Allah SWT dan yang telah di perintahkannya melalui nabi Muhammad SAW. Shalat adalah cara kita beribadah kepada Allah dengan shalat hati akan menjadi tenang dan tentram.

Cara agar tidak malas shalat lima waktu

Nabi Muhammad SAW memerintahkan ke pada umatnya untuk melakukan shalat lima waktu sehari semalam yang mana ini adalah perintah dari Allah SWT yang wajib kita lakukan setiap hari. Terkadang kita tidak menyadari akan pentingnya shalat lima waktu yang harus kita kerjakan.

Cara Agar Tidak Malas Shalat Lima Waktu

Shalat lima waktu yang kita lakukan hukumnya adalah wajib. Bagi kita yang kurang tepat waktu atau malas dalam melakukan shalat lima waktu sehari semalam, cara muslim.com menuliskan beberapa tips cara agar tidak malas shalat lima waktu. Berikut penjelasannya.

1. Biasakan Diri Untuk Shalat Lima Waktu

Cara agar tidak malas dalam melakukan shalat lima waktu adalah dengan cara selalu membiasakan diri untuk melakukan shalat lima waktu. Dengan membiasakan diri untuk shalat maka jika shalat terlambat maka kita akan merasakan hati yang tidak tenang dan tentram.

Karena kita telah biasa shalat maka perasaan malas yang biasanya menghampiri maka akan berangsur-angsur menghilang. Mengingat shalat adalah hukumnya wajib bagi setiap umat islam. Maka biasakanlah untuk melakukan shalat agar mendapatkan surga yang di janjikan Allah SWT.

2. Membiasakan Shalat Di Awal Waktu

Membiasakan shalat di awal waktu adalah cara yang tepat agar anda tidak malas dalam melakukan shalat lima waktu. Jika waktu shalat sudah tiba dan adzan sudah di kumandangkan maka bergegaslah untuk melakukan shalat, jangan di tunda-tunda. Jika anda menunda waktu shalat, maka rasa malas akan datang kepada anda.

3. Niat Yang Kuat

Dalam sebuah hadist di jelaskan; sesungguhnya segala amal perbuatan tergantung pada niat. (HR.Bukhari danMuslim).

Hadist di atas menjelaskan bahwa segala sesuatu harus di dasarkan dengan niat. Jika tidak dengan niat maka segala sesuatu tidak akan menghasilkan kepuasan. Jika kita malas untuk melakukan shalat atau sering tinggal, maka ubahlah niat anda, niat yang kuat dan tekat yang kuat maka anda untuk melakukan shalat lima waktu pun akan menjadi tambah semangat. Dan sangat merugi jika meninggalkan shalat.

4. Membiasakan Shalat Berjamaah

Nabi Muhammad SAW bersabda: Shalatnya seseorang dengan berjamaah melebihi shalatnya yang di kerjakan secara sendiri sebanyak dua puluh tujuh derarat. (HR.Muslim).

Hadist di atas menjelaskan bahwa shalat berjamaah di masjid lebih banyak pahalanya dari shalat sendiri di rumah. Maka oleh sebab itu biasakan untuk pergi shalat berjamaah ke masjid jika waktu shalat telah tiba. Shalat berjamaah di masjid juga dapat menyambung tali persaudaraan antara sesama muslim dan dapat menjadikan kita orang yang rajin dan taat kepada Allah SWT.

5. Ketahui Manfaat Shalat Lima Waktu

Dengan mengetahui manfaat dan makna shalat lima waktu maka akan mendorong dan menjadi penyemangat untuk tidak malas dam melakukan shalat lima waktu. Allah berfirman dalam surat Al-Ankabut ayat 45 yang artinya:

Bacalah apa yang telah di wahyukan kepadamu, yaitu Al-Kitab dan dirikanlah shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari(perbuatan) kejidan mungkar. Dan sesungguhnya mengingat Allah (shalat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadah-ibadah yang lain). Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.

6. Anggap Shalat Lima Waktu Kebutuhan 

Shalat lima waktu adalah kewajiban kita sebagai umat muslim yang taat kepada Allah. Akan tetapi anggaplah shalat lima waktu itu sebagai kebutuhan. Karena dengan menganggap sebagai kebutuhan maka kita akan memenuhi kebutuhan tersebut yang dapat mendorong kita untuk tetap melaksanakan shalat lima waktu.

7. Bergaul Dengan Orang Soleh

Bergaul dengan orang-orang yang soleh adalah cara agar kita tidak malas dalam melaksanakan shalat lima waktu. Karena dengan berteman dengan orang soleh maka dia akan membawa kita ke jalan yang benar dan jika waktu shalat maka mereka akan mengajak kita untuk melaksanakan shalat.

8. Ingat Kematian

Dengan ingat mati maka anda akan ingat apa yang akan di lalui, apakah sudah siap untuk menghadapi kubur,  maka oleh sebab itu kita akan semakin giat dan rajin untuk melaksanakan shalat lima waktu.

Itulah beberapa cara agar tidak malas shalat lima waktu yang dapat caramuslim.com tuliskan pada artikel ini. dengan mengerjakan shalat lima waktu setiap hari maka insyaAllah kita akan termasuk ke dalam orang-orang yang di rindukan surga nya Allah dan orang yang di rindukan Allah. Semoga bermanfaat.

Author Profile

About Taufiqurrahman

0 Komentar Cara Agar Tidak Malas Shalat Lima Waktu

Post a Comment

Back To Top