14 May 2017

Cara Meningkatkan Kesabaran Dalam Islam

Advertisement
Cara meningkatkan kesabaran dalam islam – Dalam menjalani kehidupan yang sekarang, sifat sabar sangat di butuhkan dalam menghadapi berbagai masalah yang selalu timbul dan membuat pikiran yang tak tenang. Allah SWT akan selalu memberikan ujian kepada hambanya.

cara meningkatkan kesabaran dalam islam

Terkadang orang yang di beri cobaan banyak yang tidak dapat melaluinya, sedangkan Allah SWT memberikan ujian untuk mempertebal imannya, dan sampai dimana tingkat kesabaran seseorang itu. Dan itu semua adalah untuk menjadikan kita agar menjadi seorang muslim yang lebih baik lagi.

Cara Meningkatkan Kesabaran Dalam Islam

Dalam cara meningkatkan kesabaran sebenarnya tidaklah susah, asalkan kita mau berusaha untuk belajar dan memahami cara meningkatkan kesabaran. Caramuslim.com akan memberitahukan bagaimana cara meningkatkan kesabaran itu sebagai berikut.

1. Puasa Sunnah

Cara meningkatkan kesabaran dalam islam adalah dengan puasa sunnah. Dengan kita melakukan puasa sunnah kita di latih untuk meningkatkan kesabaran dalam berbagai hal perilaku yang tidak baik. Jadi puasa sangat besar manfaatnya untuk melatih tingkat kesabaran seseorang.

2. Zikir

Dengan berzikir maka ingatan kita kepada Allah SWT akan semakin kuat. Jika mengingat Allah SWT maka kesabaran akan semakin meningkat.  Karena zikir dapat membuat hati menjadi tenang, tentram dan menjadi sabar dalam menghadapi segala masalah yang kita hadapi.

 3. Membaca Al-Qur’an

Dengan membaca Al-Qur’an maka hati akan menjadi tenang, tentram, damai. Tak salah lagi obat untuk melatih kesabaran adalah dengan membaca Al-Qur’an setiap hari dengan niat karena Allah SWT semata.

4. Selalu Berfikir Positif

Selalu berfikir positif adalah cara yang paling baik dalam menyikapi dan meningkatkan kesabaran. Pikiran positif akan mendorong terciptanya perilaku yang sabar dalam menghadapi tantangan dan rintangan yang kita hadapi.

baca juga:

5. Niat Karena Allah

Rasulallah SAW bersabda:

Amal itu tergantung niatnya, dan seseorang hanya mendapatkan sesuai dengan niatnya. Barang siapa yang yang hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya kepada Allah dan Rasulnya, dana barang siapa yang hijrah karena dunia atau karena wanita yang hendak dinikahinya, maka hijrahnya itu sesuai kemana ia hijrah. (HR.Bukhari dan Muslim).

Hadist di atas menjelaskan bahwa orang yang mengerjakan ibadah harus dengan niat karena Allah SWT dan dia akan mendapatkan apa yang ia niatkan. Jadi kunci utama alam melakukan ibadah adalah dengan niatnya terlebih dahulu. Dan jika ingin meningkatkan kesabaran maka niatkan lah karena Allah SWT.

6. Berdoa

Berdoa kepada Allah dan mengharapkan perlindungannya dan selalu bisa  sabar adalah cara meningkatkan sabar yang baik. Senjata bagi orang muslim adalah berdoa kepada Allah SWT. Maka doa hanya untuk orang-orang yang  sabar.

7. Iklas Dalam Menghadapi Masalah

Dalam meningkatkan kesabaran kita harus belajar untuk iklas. Iklas sangat di perlukan dalam menghadapi setiap masalah yang ada dalam kehidupan sehari-hari. Dengan bersifat iklas karena Allah SWT maka kita akan selalu mempunyai sifat sabar.

8. Mencontoh Sifat Nabi Dan Sahabatnya

Nabi dan Rasul Allah adalah orang pilihan yang di turunkan Allah SWT untuk di contoh untuk umatnya dan memberikan petunjuk dan mempunyai sifat sabar yang sangat tinggi. Nabi dan Rasul adalah pilihan Allah SWT yang diturunkan Nya karena mempunyai sifat yang sangat baik. Dan bahkan ada nabi dan Rasul yang mendapatkan gelar sebagai Ulul Azmi.

Kemudian para sahabat nabi yang mempunyai kesabaran yang tinggi, yang dapat kita contoh. Mereka adalah sahabat setia nabi muhammad SAW.  Dan dengan mencontoh kisah nabi dan sahabatnya maka kita akan terinovasi untuk mencontoh meningkatkan kesabaran.

9. Berteman Dengan Orang  yang Soleh

Berteman dengan orang yang soleh dan selalu mengingat Allah SWT adalah cara yang sangat baik dalam meningkatkan kesabaran. Umpanya kita mempunyai masalah maka teman yang soleh akan memberitahukan dan menasehati dengan sabar. Nabi Muhammad SAW bersabda:

Perumpamaan teman yang shalih dengan yang buruk itu seperti penjual minyak wangi dan tukang pandai besi. Berteman dengan penjual minyak wangi akan membuatmu harum karena kamu bisa membeli minyak wangi darinya atau sekurang-kurangnya mencium bau wanginya. Sementara berteman dengan pandai besi akan membakar badan dan bajumu atau kamu hanya akan mendapatkan bau tidak sedap. (HR.Bukhari dan Muslim).

Itulah beberapa cara meningkatkan kesabaran dalam islam yang dapat caramuslim.com tuliskan dalam artikel ini. semoga bermanfaat.

Baca juga:

Author Profile

About Taufiqurrahman

0 Komentar Cara Meningkatkan Kesabaran Dalam Islam

Post a Comment

Back To Top