28 May 2017

Cara Tidur Rasulullah SAW Serta Manfaatnya

Advertisement
Cara tidur Rasulallah SAW serta manfaatnya – agama islam mengatur segalanya dalam kehidupan ini termasuk di antaranya dalam adab tidur dan tata cara tidur yang baik dan sehat.  Rasulallah SAW telah mengatur cara tidur yang baik dan menjelaskan manfaatnya.

Cara tidur Rasulallah SAW serta manfaatnya

Dalam surat Ar-Rum ayat 23 Allah SWT berfirman yang artinya:

Dan diantara tanda-tanda kekuasaanNya adalah tidurmu di waktu malam dan siang hari serta usahamu mencari sebagian dari karuniaNya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang mendengarkan.

Cara Tidur Rasulallah SAW Serta Manfaatnya

Setelah manusia melaksanakan aktifitasnya, maka tumbuh manusia akan merasa lelah dan harus melakukan tidur atau istirahat yang cukup agar badan akan kembali segar dalam melakukan aktifitasnya.

Caramuslim.com akan menuliskan beberapa cara tidur Rasulallah SAW serta manfaatnya bagi kesehatan tubuh kita. Cara tidur Rasulallah SAW adalah sebagai berikut:

1. Sebelum Tidur Berwudhu

Cara Rasulallah SAW tidur adalah sebelum tidur beliau berwudhu terlebih dahulu, rasulallah SAW menganjurkan kepada umatnya untuk berwudhu dulu sebelum tidur.dalam sebuah hadist dijelaskan sebagai berikut:

Apabila engkau hendak mendatangi pembaringan (tidur), maka hendaklah berwudhu terlebih dahulu sebagaimana wudhu mu untuk melakukan sholat. (HR.Al-Bukhari dan Muslim).

2. Tidur Tanpa Lampu Atau Gelap

Cara tidur Rasulallah SAW adalah dengan mematikan lampu di dalam kamarnya atau tidur dalam keadaan yang gelap. Hanya ada cahaya sedikit. Hal ini tentunya Rasulallah SAW mempunyai sebab mengapa jika tidur mematikan lampu. Hal ini di sampaikan dalam sebuah hadist yang artinya sebagai berikut:

Padamkan lah lampu saat akan tidur, tutuplah pintu, tutuplah rapat-rapat bejana, dan tutuplah makanan dan minuman. (Muttafaq Alaih).

Rasulallah menyuruh umatnya untuk tidur dengan keadaan gelap tentunya mempunyai alasan, supaya tidak kebakaran dan baru-baru ini para peneliti menemukan bahwa tidur dalam keadaan lampu mati maka tubuhnya menghasilkan hormon melatone, tentunya fungsi hormon tersebut adalah dapat memiliki kekebalan tubuh dan mencegah paparan radikal bebas di tubuh. Hal ini tentunya sangat baik untuk kesehatan tubuh kita.

3. Berdoa Sebelum Dan Sesudah Bangun Tidur

Cara tidur rasulallah SAW tidur adalah dengan mengawalinya dengan doa. Dan setelah bangunnya beliau juga berdoa kepada Allah SWT. Doa di lakukan supaya dalam tidur kita di lindungi oleh Allah SWT. Agar tidak terjadi mimpi buruk atau hal yang tidak di inginkan lainnya.

Baca juga:

4. Miring ke Kanan dan Meletakkan tangan di pipi

Rasulullah SAW bersabda: Apabila kamu hendak tidur,maka berwudhulah (dengan sempurna) seperti kamu berwudhu untuk shalat, kemudian berbaringlah di atas sisi tubuhmu yang kanan.

Rasulullah Muhammad saw apabila tidur meletakkan tangan kanannya di bawah pipi kanannya. (HR. Abu Dawud, At Tirmidzi, Ibnu Majah dan Ibnu Hibban).

Dari hadist di atas di jelaskan bahwa Rasulallah SAW tidur dengan memiringkan badannya ke kanan dan dan beliau tidur dengan meletakkan tangan kanannya di bawah pipi kanannya. Dan menurut para peneliti menemukan bahwa orang yang tidur dengan memiringkan badannya ke kanan maka akan terhindar dari penyakit jantung dan penyakit yang lainnya.

5. Tidur Di Awal Malam

Cara rasulalah SAW tidur adalah dengan cara tidur di awal malam atau setelah shalat isya. Dan para peneliti juga menemukan bahwa tidur di awal malam juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Dalam melakukan aktifitas maka tidur yang maksimal sangat di butuhkan tubuh. Agar jika bangun di subuh akan menyegarkan badan kita.

Dalam sebuah hadist di jelaskan:

Bahwasanya Rasulullah Muhammad SAW membenci tidur malam sebelum (sholat Isya) dan berbincang-bincang (yang tidak bermanfaat) setelahnya. (HR Bukhari Muslim).

6. Mengusap Wajah Setelah Bangun Tidur

Rasulallah SAW bersabda: Maka bangunlah Rasulullah Muhammad saw dari tidurnya kemudian duduk sambil mengusap wajah dengan tangannya. (HR.Muslim).

Dari hadist di atas di jelaskan bahwa rasulallah SAW setelah bangun dari tidurnya maka ia mengusapkan wajahnya dengan kedua tangannya.

7. Membersihkan Diri Dan Bersiwak

Cara jika Rasulallah SAW bangun dari tidurnya adalah dengan membersihkan dirinya temasuk membersihkan mulutnya sampai bersih. Hal ini dijelaskan dalam sebuah hadist berikut ini:

Apabila Rasulullah Muhammad saw bangun malam membersihkan mulutnya dengan bersiwak. (HR.Bukhari Muslim).

Itulah cara Tidur Rasulallah SAW beserta manfaatnya. Semoga apa yang caramuslim.com tuliskan akan bermanfaat bagi kita semua.

Baca juga:

Author Profile

About Taufiqurrahman

0 Komentar Cara Tidur Rasulullah SAW Serta Manfaatnya

Post a Comment

Back To Top