18 May 2017

Hikmah Bulan Ramadhan Serta Hadistnya

Advertisement
Hikmah bulan ramadhan serta hadistnya – Bulan ramadhan adalah bulan yang di wajibkan bagi seluruh umat muslim di seluruh dunia. Dalam melaksanakan ibadah puasa di bulan ramadhan tentunya sangat banyak rintangan yang akan kita hadapi. Di antaranya menahan haus dan lapar, menahan segala yang membatalkan dan merusak puasa.

Namun di balik semua itu dalam kita melaksanakan ibadah puasa selama satu bulan penuh tentunya kita akan mendapatkan atas apa yang kita lakukan dalam melaksanakan ibadah puasa. Dan tentunya banyak hikmah yang akan kita rasakan dalam melakukan ibadah puasa.

Hikmah bulan ramadhan serta hadistnya

Allah berfirman dalam surat Al-Baqarah ayat 185 di jelaskan:

(Beberapa hari yang ditentukan itu adalah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu yang hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu. Dan barangsiapa yang sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain.

Dalam ayat yang di atas bahwa bulan ramadhan dan orang yang berpuasa akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda. Dan setiap orang muslim di wajibkan berpuasa. Dan jika tidak dapat berpuasa dengan alasan tertentu maka Allah SWT telah memberikan keringanan kepada umatnya.

Hikmah Bulan Ramadhan Serta Hadistnya

bulan ramadhan sangat banyak manfaat dan hikmahnya bagi kesehatan maupun pahala yang kita dapatkan. Namun semua itu tergantung dari apa yang kita lakukan dalam bulan puasa tersebut , semakin banyak kita berbuat amal maka akan semakin banyak pahala yang kita dapatkan. Oleh sebab itu caramuslim.com memberikan hikmah bulan ramadhan serta hadistnya sebagai berikut ini.

1. Malam Lailatul Qadar

Malam lailatur qadar ini sebagaimana di jelaskan Allah SWT dalam Al-Quran,
Allah SWT berfirman dalam surat Ad-Dhukha ayat 3 sampai 5 berikut ini:

Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar.

Malam lailatur Qadar adalah malam yang sangat di tunggu-tunggu oleh seluruh umat muslim, karena malam itu adalah malam di mana Allah SWT sangat mengistimewakan malam itu. Malam itu adalah malam yang jika beribadah sama dengan kita beribadah dengan seribu bulan lamanya. Jika di bandingkan dengan umur kita manusia tidak akan sampai dengan seribu bulan. Begitulah istimewanya malam Lailatur qadar di bulan Ramadhan.

2. Pahala Yang Berlipat Ganda

Hikmah bulan ramadhan adalah kita bisa mendapatkan pahala yang berlipat ganda. Dalam bulan ramadhan sebaiknya kita melakukan amalan yang banyak agar pahala yang kita dapatkan juga akan semakin banyak juga. Tetapi hal itu tidaklah mudah, karena banyak cobaan yang akan di dapatkan selama kita melaksanakan ibadah puasa maupun melakukan hal yang baik lainnya.

Pahala yang berlipat ganda ini di jelaskan dalam sebuah hadist seperti yang berikut ini:

Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipat gandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat. Allah Ta’ala berfirman , Kecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut adalah untuk Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya. Disebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena Ku. Bagi orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kebahagiaan yaitu kebahagiaan ketika dia berbuka dan kebahagiaan ketika berjumpa dengan Rabbnya. Sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada bau minyak kasturi. (HR. Muslim).

Baca Juga:

3. Dapat meningkatkan Perekonomian Masyarakat

 Hikmah bulan ramadhan adalah akan meningkatkan perekonomian masyarakat. Dengan banyaknya orang yang berinfak , sedekah maka orang yang membutuhkan sangat tertolong oleh orang yang bersedekah itu.

4. Saling Memaafkan Dan Berbagi Antar Sesama

Hikmah bulan ramadhan adalah kita dapat saling berbagi antara saudara maupun tetangga atau kepada orang-orang yang sangat memerlukan bantuan kita. Maka akan timbul kasih sayang antar umat manusia dan saling menghormati. dan dengan datangnya bulan ramadhan maka kita akan saling memaafkan antar sesama muslim.

5. Mempunyai Semangat Untuk Beribadah

Dengan datangnya bulan ramadhan semangat untuk beribadah akan lebih meningkat dan kesempatan untuk memperbaiki segala amalan dan cara kita untuk beribadah kepada Allah SWT dan mendekatkan diri kita kepada Allah SWT.

Itulah beberapa hikmah bulan ramadhan serta hadistnya yang dapat caramuslim.com tuliskan dalam artikel ini. semoga apa yang kita harapkan dalam bulan ramadhan akan membuahkan hasil dan puasa yang kita lakukan di terima oleh Allah SWT nantinya. Amin.

Baca juga:
Author Profile

About Taufiqurrahman

0 Komentar Hikmah Bulan Ramadhan Serta Hadistnya

Post a Comment

Back To Top