31 May 2017

Hukum Wanita Memakai Parfum Menurut Islam

Advertisement
Hukum wanita memakai parfum menurut islam – wanita yang memakai parfum dan wangi tentunya sangat di sukai banyak orang dan melambangkan bahwa wanita tersebut bersih. Dan sebagian wanita dengan memakai parfum tentunya akan menambah kepercayaan dirinya saat dekat dengan orang lain.

Hukum wanita memakai parfum menurut islam

Dengan memakai parfum maka si wanita tersebut akan di perhatikan oleh orang lain dan akan membawa rasa ketertarikan oleh lawan jenis, dan ini sangat di larang menurut agama islam. Karena niatnya sudah salah. Jika niat untuk menghilangkan bau badan maka tidak apa-apa asalkan tidak terlalu mengganggu kepada orang lain.

Hukum Wanita Memakai Parfum Menurut Islam

Di dalam agama islam hukum memakai parfum ada beberapa hal jenis, tergantung dari niat orang tersebut dan caramuslim.com akan memberitahukan bagaimana hukum wanita memakai parfum menurut islam yaitu sebagai berikut ini.

1. Perempuan Memakai Parfum Tidak Di Terima Shalatnya

Dalam sebuah hadist di jelaskan:

Perempuan manapun yang memakai parfum kemudian keluar ke masjid, maka shalatnya tidak diterima sehingga ia mandi. (HR Ahmad)

Hukum wanita yang memakai parfum dan pergi ke masjid untuk shalat atau shalatnya di rumah maka shalatnya tidak sah atau tidak akan di terima oleh Allah SAW. Jadi hadist di atas menjelaskan bahwa jika perempuan shalat jangan memakai parfum jika ingin shalatnya di terima Oleh Allah SAW.

2. Tidak Boleh Memakai Parfum Untuk Memikat Laki-laki

Hukum wanita yang memakai parfum tidak boleh menurut agama islam. Hal ini di karenakan jika wanita yang memakai parfum dan dapat memikat laki-laki atau untuk memikatnya, maka wanita tersebut tidak boleh memakai parfum. Karena dapat mengundang perbuatan yang tidak baik. Hal ini di jelaskan dalam hadist di bawah ini:

Seorang perempuan yang mengenakan wewangian lalu melalui sekumpulan laki-laki agar mereka mencium bau harum yang dia pakai maka perempuan tersebut adalah seorang pelc. (HR. An-Nasa’i, Abu Daud, Tirmidzi, dan Ahmad).

3. Wanita Harus Berhati-Hati Dalam Menggunakan Parfum

Dalam ajaran islam memang sangat di anjurkan supaya badan kita wangi dan bersih, akan tetapi banyak hadist atau ulama yang memberitahukan bahwa wanita yang memakai parfum tidak boleh dan ada pula yang membolehkan memakai parfum dengan hal-hal yang di tentukan dalam memakainya.

4. Perempuan Tidak Boleh Memakai Parfum Yang Baunya Nampak

Dalam sebuah Hadist di jelaskan:

 Wewangian seorang laki-laki adalah yang tidak jelas warnanya tapi tampak bau harumnya. Sedangkan wewangian perempuan adalah yang warnanya jelas namun baunya tidak begitu nampak. (HR.Baihaqi dari Syu’abul Iman).

Jadi wanita yang memakai parfum tidak boleh memakai parfum yang baunya nampak dan sangat menyengat. Hal ini di karenakan agar wanita tersebut tidak mengganggu orang lain dan dapat memikat laki-laki lain.

5. Menggunakan Parfum Wanita Jika Keluar Rumah

Maksud dari wewangian perempuan adalah yang warnanya jelas namun baunya tidak begitu nampak. Ulama berkata, Ini bagi perempuan yang hendak keluar dari rumahnya. Jika tidak, ia bisa memakai parfum sekehendak hatinya. (Syarh Asy-Syama’il).

Di dalam hadist di atas di jelaskan bahwa, wanita boleh menggunakan parfum jika dia hanya di  rumah saja. Jika wanita keluar rumah dan menggunakan parfum maka sangat tidak di anjurkan atau bisa saja di larang.

Baca juga:



Dalam ajaran islam banyak yang menjelaskan bahwa memakai parfum itu tidak boleh dan ada yang boleh. Maka dari itu hanya kita yang bisa memahaminya bagaimana cara kita memakai dan apa tujuannya,  dan wanita yang menggunakan parfum harus memperhatikan hal-hal sebagai berikut.


a. Memakai Parfum Dengan Niat Yang Baik

Dalam segala apa yang kita lakukan dan apa yang kita kerjakan, agama islam mengajarkan kita untuk berniat dengan niat yang baik dan harus niat karena Allah SWT. Begitu juga dengan memakai parfum, harus dengan niat yang baik dan jangan sampai niat untuk memikat lawan jenis. Itu di larang dalam agama islam.

b. Memakai Parfum Hendaknya Tidak Menyengat Baunya

Wanita yang memakai parfum hendaknya jangan terlalu menyengat dan banyak memakainya. Pakailah hanya sekedarnya saja dan hanya untuk sekedar menghilangkan bau baju yang menyengat. Bau yang menyengat akan mengganggu orang lain di dekat anda.

Itulah beberapa hukum wanita memakai parfum menurut islam yang dapat cara muslim tuliskan dalam artikel ini. semoga bagi yang membaca akan dapat menambah ilmu pengetahuan tentang bagaimana hukum wanita memakai parfum menurut islam sendiri. Semoga bermanfaat.

Baca juga:



Author Profile

About Taufiqurrahman

0 Komentar Hukum Wanita Memakai Parfum Menurut Islam

Post a Comment

Back To Top