07 May 2017

Keutamaan Membaca Al-Qur’an Di Bulan Ramadhan

Advertisement
Keutamaan membaca Al-Quran di bulan ramadhan – membaca Al-Qur’an sangat di anjurkan oleh Rasulallah SAW. Karena dengan membaca Al-Qur’an hati akan menjadi tenang dan damai, selain itu dengan membaca Al-Qur’an akan mendapatkan pahala dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Keutamaan membaca Al-Quran di bulan ramadhan

Selain itu dengan membaca Al-Qur’an dengan memahaminya dan mengamalkannya di kehidupan sehari-hari maka akan di jamin oleh Allah SWT untuk masuk surga. Ini adalah kewajiban dan kebutuhan bagi setiap muslim di seluruh dunia yang telah di turunkan kepada Nabi Muhammad SAW kepada umatnya sebagi petunjuk.

Keutamaan Membaca Al-Qur’an Di Bulan Ramadhan

 Membaca Al-Qur’an dapat kita baca setiap hari dan setiap waktu, apalagi di bulan ramadhan. Allah SWT melipat gandakan pahala bagi yang membaca Al-Qur’an di bulan ramadhan. Bulan yang suci yang di nanti-nantidan di tunggu seluruh umat muslim.

Jika semua orang tahu akan keutamaan membaca Al-Qur’an di bulan ramadhan maka semua orang akan berlomba-lomba untuk membacanya. Di karenakan begitu banyaknya hikmah dan keutamaan yang dapat kita dapatkan.

Oleh sebab itu caramuslim.com akan memberitahukan beberapa keutamaan membaca Al-Qur’an di bulan ramadhan yang sebagian dari kita belum mengetahuinya. Berikut keutamaannya.

1. Menjadikan Pikiran Positif

Keutamaan membaca Al-Qur’an di bulan ramadhan di antaranya adalah menjadikan cara kita berfikir menjadi positif. Apalagi bagi kita yang tahu akan makna yang terkandung di dalam Al-Qur’an tersebut tentunya akan kita jadikan sebagai pedoman dan petunjuk untuk beribadah kepada Allah SWT dan tentunya akan membangun kita untuk selalu berfikir positif.

2. Membaca Al-Qur’an Mendapatkan Pahala Yang Berlipat Ganda

Dalam sebuah hadits di jelaskan: Wahai yang mengharapkan kebaikan bersegeralah (kepada ketaatan), wahai yang mengharapkan keburukan, berhentilah, Allah memiliki hamba-hamba yang selamat dari api neraka pada setiap malam di bulan ramadhan.

Makna yang terkandung dari hadits di atas adalah pahala yang kita dapatkan pada saat di bulan ramadhan sangat banyak dan di lipat gandakan oleh Allah SWT. Oleh sebab itu bagi kita umat muslim sangat lah gembira ketika datangnya bulan puasa dan membaca Al-Qur’an  dengan niat karena Allah SWT dan insyaallah akan mendapatkan pahala yang berlipat  ganda.

3. Jauhi Dari Sifat Yang Tidak Baik

Membaca Al-Qur’an dapat menghilangkan kita dari sifat yang tidak baik tentunya dan juga pahala yang sangat besar.  Membaca Al-Qur’an akan menjaga kita dari perbuatan yang mengundang perbuatan yang tidak di sukai oleh Allah SWT.

Baca juga: Pengertian Bulan Ramadhan Serta Keistimewaannya

4. Menjadikan Waktu Lebih Produktif

Dalam membaca Al-Quran akan membuat waktu kita akan lebih produktif, dan apalagi di saat di bulan ramadhan, tentunya keimanan kita di uji dengan lapar, haus dan banyak lagi. Untuk itu dengan membaca Al-Qur’an kita akan lebih produktif di bulan ramadhan. Dari pada kita memikirkan perut yang lapar dan waktu yang berjalan yang sangat lama

Dalam berpuasa hendaknya kita tidak boleh malas dalam melakukan suatu aktifitas, dalam kesempatan yang datangnya hanya sekali setahun hendaknya kita menyempatkan dan meluangkan waktu dengan baik agar kita tidak melewatkan pahala yang di berikan Allah SWT di bulan ramadhan itu.

5. Mendekatkan Diri Dengan Al-Qur’an Dan Allah SWT

Dengan Membaca Al-Qur’an di bulan Ramadhan akan mendekatkan diri kita kepada Allah SWT dan Al-Qur’an itu sendiri,kita akan terbiasa membacanya dan semakin giat beriman kepada Allah SWT.  Dan apalagi saat di bulan ramadhan seharusnya kita semakin mendekatkan diri dengan Al-Qur’an.

Itulah keutamaan membaca Al-Qur-an di bulan ramadhan yang dapat caramuslim.com tuliskan  dalam artikel ini. semoga dengan membaca Al-Qur’an di bulan ramadhan ini akan menjadikan kita orang-orang yang beriman dan semakin meningkatkan keimanan kita kepada Allah SWT.

Baca juga: Adab Berpuasa

Author Profile

About Taufiqurrahman

0 Komentar Keutamaan Membaca Al-Qur’an Di Bulan Ramadhan

Post a Comment

Back To Top