09 May 2017

Syarat Sah Puasa Ramadhan

Advertisement
Syarat Sah Puasa Ramadhan – Pada saat bulan Ramadhan tiba umat muslim di seluruh dunia melaksanakan ibadah puasa dan tentunya umat islam sangat berbahagia menyambut datangnya bulan suci ramadhan itu.

Puasa artinya menahan diri dari apa yang membatalkan puasa tersebut, seperti makan, minum, yang di sengaja. Dan menahan diri dari segala yang merusak puasa itu sendiri seperti berbohong, dan perbuatan yang tidak baik lainnya.

Syarat Sah Puasa Ramadhan

Dalam surat Al-baqarah ayat 183 Allah berfirman yang artinya: Hai orang-orang yang beriman, di wajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana di wajibkan atas orang-orang sebelum kamu, agar kamu bertakwa.

Dari ayat di atas Allah SWT memerintahkan kepada orang yang beriman agar melaksanakan puasa di bulan ramadhan dan puasa itu wajib hukumnya. Karena dengan berpuasa sangat baik untuk kesehatan manusia itu sendiri. Allah SWT tidak akan sia-sia dengan apa yang di perintahkanNya.

Syarat Sah Puasa Ramadhan

Nah, dalam kesempatan ini caramuslim.com akan membahas yang berkaitan dengan puasa yaitu syarat sah puasa. Agar seseorang yang berpuasa di terima oleh Allah SWT tentunya kita harus memenuhi syarat sah puasa tersebut, agar puasa yang kita lakukan tidaklah sia-sia dan mendapatkan haus dan lapar saja.

Dalam sebuah Hadits di jelaskan: Islam di bangun atas lima perkara,  bersaksi bahwa tidak ada ilah (sesembah)  yang berhak di sembah melainkan Allah dan Muhammad adalah utusannya, menegakkan shalat, menunaikan zakat, menunaikan haji dan berpuasa di bulan ramadhan.

Dalam hadits lain juga di jelaskan: berpuasalah kamu apabila kamu melihat anak bulan dan berbukalah kamu (berhari raya) apabila kamu melihatnya, jika anak bulan terlindung dari pandanganmu, cukupkanlah bilangan bulan sya’ban kepada tiga puluh hari.

Syarat Sah puasa

1. Niat

Niat adalah yang paling utama dalam melaksanakan ibadah puasa dan syarat sahnya suatu puasa. Dan apa yang kita kerjakan harus di lakukan dengan niat terlebih dahulu. Jika tidak ada niat maka ibadah yang kita lakukan tentunya akan sia-sia.

2. Beragama Islam

Syarat sah puasa ramadhan yang pertama adalah harus beragama islam. Jika anda tidak beragama islam maka puasa yang anda lakukan tentu saja tidak akan di terima oleh Allah SWT dan puasa yang anda lakukan tentu tidak ada artinya.

3. Tidak Melakukan Yang Membatalkan Puasa

Syarat sah puasa berikutnya adalah tidak melakukan apapun yang dapat membatalkan puasa seperti makan, minum, muntah yang di sengaja, dan melanggar apapun yang dapat membatalkan puasa. Semua itu harus di tinggalkan jika puasa yang kita lakukan di terima Allah SWT.

4. Dapat Membedakan Yang Baik Dan Buruk

Syarat syah puasa berikutnya adalah dapat membedakan segala perbuatan yang baik dan buruk, seperti yang sudah berakal, dewasa. Jika masih anak-anak boleh tidak puasa, akan tetapi bagi orang tua wajib untuk mengajarkan kepada anaknya untuk belajar berpuasa. Agar setelah dia dewasa mereka sudah terlatih untuk melaksanakan ibadah puasa.

5. Suci Dari Nifas Dan Haid

Dalam sebuah hadits di jelaskan: Dari Mu’adzah dia berkata, saya bertanya kepada Aisyah seraya berkata, kenapa gerangan wanita yang haid mengqadha puasa dan tidak mengqadha shalat? Aku menjawab: Aku bukan Hururiyah, akan tetapi aku hanya bertanya, dia menjawab, kami dulu juga mengalami haid, maka kami di perintahkan untuk mengqadha puasa dan tidak di perintahkan untuk mengqada shalat.

Hadits yang di atas menjelaskan bahwa wanita yang haid tidak boleh untuk berpuasa, jadi hanya wanita yang suci yang boleh melakukan puasa ramadhan, harus bersih. Dan wanita tersebut harus mengganti puasanya di kemudian harinya selain di bulan ramadhan.

Itulah beberapa syarat sah puasa ramadhan yang dapat caramuslim.com tuliskan dalam artikel ini. semoga puasa yang kita lakukan dapat di terima oleh Allah SWT.  Semoga bermanfaat.

Author Profile

About Taufiqurrahman

0 Komentar Syarat Sah Puasa Ramadhan

Post a Comment

Back To Top