28 June 2017

Cara Cepat Membaca Al-Qur'an

Advertisement
Cara cepat membaca Al-Qur’an – Membaca Al-Qur’an adalah cara umat islam untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Al-Qur’an sendiri adalah petunjuk bagi seluruh umat manusia. Sebagai umat muslim di wajibkan untuk membaca dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari, agar kita sebagai umat islam akan selamat di dunia dan akhirat nantinya.

Cara cepat membaca Al-Qur’an

Dalam zaman yang semakin maju dan canggih sekarang banyak anak-anak yang terpengaruh oleh dunia luar yang akan membawa mereka kejalan yang sesat dan kurang akan pendidikan seperti belajar membaca Al-Qur’an. Karena dengan membaca Al-Qur’an akan membawa kita menjadi pribadi yang baik dan mulia di sisi Allah SWT.

Cara Cepat Membaca Al-Qur’an

Membaca Al-Qur’an sangat di perlukan dalam membentuk pribadi yang islami. Perhatikan perbedaan dan sifat orang yang pandai membaca Al-Qur’an dan yang tidak bisa membacanya, tentu sifat mereka akan sangat jauh berbeda . di bawah ini ada penyebab seseorang tidak bisa membaca Al-Qur-an.

1. Belajar Al-Qur’an Di Anggap Orang Tua Tidak Penting

Peran orang tua sangat penting dalam mendidik anak untuk membaca dan belajar Al-Qur’an. Orang tua harus melatih dan mendidik anaknya dalam membaca Al-Qur’an. Orang tua harus memperhatikan dan memberitahukan kepada anak betapa pentingnya membaca Al-Qur’an.

2. Tidak Belajar Al-Qur’an Dari Kecil

Anak-anak kecil adalah masa yang sangat baik dalam mempelajari Al-Qur’an dan ilmu yang lainnya,  tidak mempelajari al-Quran dari kecil akan sulit untuk belajar setelah dewasa nantinya. Oleh sebab itu belajar membaca Al-Qur’an dari kecil adalah sangat penting.

3. Terpedaya Dunia

Dalam semakin majunya teknologi sekarang, maka sebagian orang berlahan meninggalkan agamanya dan lalai dalam menjalankan perintah agama islam. Seharusnya semakin maju teknologi maka akan semakin mudah dalam melakukan dan cara melaksanakan ibadah terutama membaca Al-Qur’an.

Cara Membaca Al-Qur’an Dengan Cepat

Dalam membaca Al-Qur’an banyak cara yang kita lakukan agar mudah dan cepat membaca Al-Qur’an. Asalkan kita sabar dan rutin setiap hari membacanya. Dan berdoa kepada Allah SWT agar membaca Al-Qur’an mudah kita lakukan. Oleh sebab itu caramuslim.com memberikan beberapa cara cepat membaca Al-Qur’an yang dapat kita lakukan di rumah:

1. Memulai Dari Yang Kecil

Dalam belajar cepat membaca Al-Qur’an maka haruslah dengan memulai dengan huruf yang terkecil terlebih dahulu, misalnya dengan belajar dari huruf hijaiyah satu persatu terlebih dahulu yang mana kita dapat mempelajarinya dengan buku Iqra’ atau buku panduan untuk belajar dasar Al-Qur’an lainnya agar kita tidak sulit untuk mengenal huruf arab satu persatu.

2. Menyadari Proses Di Perlukan

Sama halnya dengan kita berdagang dan bekerja, keuntungannya tidak akan kita dapatkan dalam waktu satu hari. Akan tetapi jika kita kumpulkan dalam satu bulan maka kita akan melihat hasil dan keuntungannya. Sama halnya dengan kita belajar membaca Al-Qur’an,  kita belajar dengan sedikit demi sedikit dan yakin maka akan kita lihat hasilnya. Belajar membaca Al-Qur’an semakin lama akan semakin kita kuasai walaupun sedikit demi sedikit.

3. Berdo’a Kepada Allah SWT

Cara cepat membaca Al-Qur’an adalah dengan mengiringinya dengan berdoa kepada Allah SWT agar proses belajar Al-Qur’an yang kita lakukan bisa kita pelajari dengan lancar dan tidak putus asa dalam belajar.

4. Menerapkan Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Cara belajar cepat Al-Qur’an haruslah bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari hari. Membaca nya mulai dari satu ayat perhari, kemudian semakin hari semakin meningkatkan membacanya, maka kita akan terbiasa dan semakin lancar dalam belajar membaca Al-Qur’an.

5. Latihan Dengan Kata Yang Sulit Di hafal

Cara cepat membaca Al-Qur’an adalah dengan cara mengulang-ulang dengan kata-kata yang sulit untuk di hafal dan di ingat. Dalam belajar Al-Qur’an tentu saja ada sebagian kata-kata yang sering kita lupa atau sering kita ingat. Oleh sebab itu ulangilah kata kata tersebut agar cepat di hafal.

Itulah beberapa cara cepat membaca Al-Qur’an yang dapat caramuslim.com tuliskan dalam artikel yang singkat ini. membaca Al-Qur’an sebenarnya mudah kita lakukan, akan tetapi hal itu harus di landasi dengan kemauan yang keras dan melaksanakannya setiap hari dan berdoa kepada Allah. semoga bermanfaat.

Baca juga:
Author Profile

About Taufiqurrahman

0 Komentar Cara Cepat Membaca Al-Qur'an

Post a Comment

Back To Top