22 June 2017

Cara Memilih Pendamping Hidup Dalam Ajaran Islam

Advertisement
Cara memilih pendamping hidup dalam ajaran islam – dalam ajaran islam memilih pendamping hidup dan menikah adalah wajib. Karena dengan menikah maka dapat menjaga kesucian dan kehormatan diri. Dan menikah adalah sebagian dari menyempurnakan agama islam.

Cara memilih pendamping hidup dalam ajaran islam

Dalam memilih pendamping hidup sangat perlu hati-hati dalam memilih, karena menikah adalah seumur hidup dan sekali untuk mewujudkan keluarga yang sakinah, setiap orang pastinya ingin mempunyai pasangan yang setia seumur hidupnya.

Cara Memilih Pendamping Hidup Dalam Ajaran Islam

Dalam surat An-Nisa’ ayat 3 Allah SWT berfirman yang artinya:

Dan apabila kalian takut tidak bisa berbuat adil kepada anak-anak perempuan yang yatim (untuk kalian jadikan istri), maka nikahilah perempuan-perempuan (lain) yang kalian senangi, dua atau tiga atau empat. Bila kalian takut tidak bisa berbuat adil, maka nikahilah satu perempuan saja atau budak-budak kalian. Yang demikian itu lebih membuat kalian tidak berbuat zhalim.

Jadi maksud ayat di atas adalah menikah dalam islam boleh dengan lebih dari satu,dua atau tiga minimal empat. Dan itu telah tertulis dalam Al-Qur’an, dalam mempunyai lebih dari satu pendamping, maka kita di haruskan wajib untuk bersikap adil dan bijaksana. Jika kita tidak sanggup untuk adil maka nikahi satu saja.

Dalam cara memilih pendamping hidup, ajaran islam sangat memperhatikan dan menyarankan untuk hati-hati dalam memilihnya. Oleh sebab itu caramuslim.com akan memberitahukan cara memilih pendamping hidup dalam ajaran islam yaitu sebagai berikut ini.

1. Wanita Cantik Dan Bermahar Ringan

Rasulallah SAW bersabda:
Sebaik-baik wanita adalah wanita yang cantik parasnya dan murah maharnya.

Maksudnya adalah meskipun agama islam melarang memilih wanita yang berwajah cantik saja, namun untuk memilih pendamping hidup sebaiknya memilih yang cantik wajahnya dan imannya. Karena wanita yang akan kita temani seumur hidup dan akan kita pandang setiap harinya. Dan yang di maksud dengan murah maharnya adalah wanita tersebut dapat menerima berapapun mahar yang kita berikan dalam sebuah pernikahannya.

2. Wanita Yang Masih Gadis Atau Belum Penah Menikah

Rasulallah SAW menyuruh untuk menikah dengan wanita yang masih gadis, karena dengan menikahi wanita yang masih gadis atau belum pernah menikah akan membuat sebuah rumah tangga yang kuat dan kokoh. Karena sang wanita merasa dia lah laki-laki pertama yang mencintai dan menyayanginya yang dapat melindunginya.

3. Karena Agamanya

Cara memilih pendamping hidup adalah dengan cara cara dia beribadah kepada Allah SWT. Agamanya adalah agama islam. Rasulallah SAW berkata dalam sebuah hadist:

Seorang wanita dinikahi karena empat hal: karena hartanya, keturunannya, kecantikannya dan karena agamanya. Maka pilihlah wanita yang memiliki agama, niscaya selamat tanganmu. (HR. Bukhari dan Muslim).

Maknanya adalah memilih pendamping hidup adalah dengan melihat agamanya karena hartanya, keturunannya dan kecantikannya. Karena wanita yang baik akan menjadi pemimpin bagi anak-anaknya yang dapat mendidik anaknya dengan baik.

4. Wanita Yang Punya Keluarga Yang Baik

Cara memilih wanita atau pendamping hidup yang baik adalah dengan cara dia mempunyai keluarga yang baik-baik. Yang berasal dari keluarga yang baik kelakuannya maupun baik agamanya.

5. Bersifat Penyayang Dan Bisa Melahirkan

Rasulallah SAW bersabda yang artinya:
Kawinilah perempuan penyayang dan banyak anak.

Maksudnya adalah pilihlah wanita yang bersifat penyayang, karena wanita yang penyayang akan dapat menyayangi kita dan anak-anaknya, sedangkan yang banyak anak adalah pilih wanita yang bisa melahirkan keturunan.

Baca juga:

6. Pria Yang Islam

Dalam surat Al-Baqarah ayat 221 Allah SWT berfirman yang artinya:

Dan janganlah kamu menikahi wanita-wanita musyrik, sebelum mereka beriman. Sesungguhnya wanita budak yang mukmin lebih baik dari wanita musyrik, walaupun dia menarik hatimu. Dan janganlah kamu menikahkan orang-orang musyrik (dengan wanita-wanita mukmin) sebelum mereka beriman. Sesungguhnya budak yang mukmin lebih baik dari orang musyrik, walaupun dia menarik hatimu. Mereka mengajak ke neraka, sedang Allah mengajak ke surga dan ampunan dengan izin-Nya. Dan Allah menerangkan ayat-ayat-Nya (perintah-perintah-Nya) kepada manusia supaya mereka mengambil pelajaran.

Bagi wanita tentunya sangat mengiginkan pria yang baik dan kuat agamanya. Karena itu pilihlah pria yang baik dan seorang muslim. Karena seorang pria akan menjadi pemimpin dan contoh bagi istri dan anak-anaknya nanti.

Itulah beberapa cara memilih pendamping hidup dalam ajaran islam yang dapat caramuslim.com tuliskan dalam artikel ini. semoga bagi yang membaca mendapat manfaatnya.

Author Profile

About Taufiqurrahman

0 Komentar Cara Memilih Pendamping Hidup Dalam Ajaran Islam

Post a Comment

Back To Top