20 June 2017

Cara Mengajari Anak Sholat Di Usia Dini

Advertisement
Cara Mengajari anak shalat di usia dini – dalam ajaran islam mengajari anak shalat adalah wajib bagi orang tua mereka, karena anak adalah amanah dari Allah SWT. Yang mana amanah itu harus di jaga dengan sebaik mungkin. Nah, jika anak itu adalah amanah maka oleh sebab itu sebagai orang tua maka orang tua harus mendidik anak dengan baik yang beriman kepada Allah SWT.

Cara Mengajari anak shalat di usia dini

Dalam sebuah hadist di jelaskan sebagai berikut yang artinya:

Dari sahabat Umar bin Abi Salamah radhiallahu ‘anhu, ia mengisahkan: Dahulu ketika aku masih kecil dan menjadi anak tiri Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam, dan (bila sedang makan) tanganku (aku) julurkan ke segala sisi piring, maka Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam bersabda, Hai nak, bacalah bismillah, dan makanlah dengan tangan kananmu, dan makanlah dari sisi yang terdekat darimu. Maka semenjak itu, itulah etika ku ketika aku makan. (Muttafaqun alaih).

Dari hadist di atas di jelaskan bahwa Rasulallah SAW mengajari seorang anak dengan baik dan sopan santun, mendidik anaknya dengan amalan-amalan yang baik yang beragama. Adab yang di ajarkan kepada anak itu sangatlah baik dan sopan.

Cara Mengajari Anak Shalat Di Usia Dini

Cara mengajari anak mulai dengan mengajari dengan hal-hal yang kecil yang bersifat baik dan islami sangat berpengaruh luar biasa bagi perkembangan anak setelah besar nantinya. Anak yang kita ajarkan akan berpengaruh pada perbuatannya setelah besar nanti termasuk dengan mengajarkan shalat lima waktu.yang menjadi suatu kewajiban yang wajib di laksanakan dan berdosa jika tidak di kerjakan. Hal ini di jelaskan Nabi Muhammad SAW dengan sabdanya sebagai berikut yang artinya:

Perintahlah anak-anakmu agar mendirikan shalat takkala mereka telah berumur tujuh tahun, dan pukullah karenanya tatkala mereka telah berumur sepuluh tahun. (HR. Abu Dawud dan Al- Hakim).

Hadist di atas menjelaskan bahwa Rasulallah SAW menyuruh anak-anak kita untuk melaksanakan shalat. Mengajari anak di usia dini adalah cara yang tepat untuk mendidiknya. Karena di umur ini anak akan cepat menangkap apa yang kita ajarkan terhadapnya.

Dalam cara mengajari anak untuk belajar dalam shalat tidaklah mudah. Tentunya kita harus mengajarkan dan memberitahukan untuk apa kita melaksanakan shalat, cara berwuduk, bersuci dan lain sebagainya, caramuslim.com menuliskan beberapa cara mengajari anak shalat di usia dini sebagai berikut ini.

1. Jelaskan Betapa Pentingnya Shalat Kepada Anak

Cara mengajari anak shalat adalah dengan cara mengajarinya betapa sangat pentingnya shalat bagi manusia. Karena shalat adalah cara kita untuk berhubungan dengan Allah SWT. Shalat sangat baik untuk kesehatan. Dan shalat adalah kewajiban kita terhadap Allah SWT.

Jelaskan kepada anak betapa pentingnya shalat kepada anak, jika kita melaksanakan shalat maka Allah SWT akan memberikan surganya kepada kita dan jika tidak melaksanakan shalat maka siksaan Allah SWT sangatlah pedih.

2. Berikan Contoh Shalat Yang Baik Kepada Anak

Anak yang masih kecil adalah sangat baik untuk di ajarkan shalat,karena di usia dini anak merekam segala aktifitas yang kita lakukan dan menirunya. Jadi cara mengajari anak shalat berikan contoh kepada anak. Jika anak sering melihat kita melaksanakan shalat maka mereka juga akan segera melaksanakan shalat dengan apa yang mereka lihat.

3. Mengajak Anak Untuk Melaksanakan shalat

Rasulallah SAW bersabda yang artinya:

 Apabila  seorang anak dapat membedakan mana kanan dan kiri, maka perintahkanlah dia untuk mengerjakan shalat.

Maksud hadist di atas adalah jika seorang anak telah dapat membedakan mana yang kiri dan kanan maka itu adalah hal yang tepat untuk mengajari anak untuk melaksanakan shalat. Maka ajaklah anak untuk melaksanakan shalat.

Baca juga:

4. Ajak Anak Untuk Shalat Berjamaah Di Masjid

Cara mengajari anak untuk shalat di usia dini adalah membawa atau mengajak anak untuk shalat berjamaah di masjid bersama-sama. Dalam mengajak anak untuk shalat di masjid bertujuan supaya mereka rajin untuk melaksanakan shalat. Karena melihat banyaknya orang yang shalat maka mereka akan senang dan bisa mengenal banyak orang di masjid.

5. Berikan Hukuman Jika Anak Tidak Shalat

Dalam sebuah hadist di jelaskan :

Perintahlah anak-anakmu agar mendirikan shalat tatkala mereka telah berumur tujuh tahun, dan pukullah karenanya takkala mereka telah berumur sepuluh tahun. (HR.Abu Dawud dan Al- Hakim).

Maksud  dari hadist di atas adalah jika si anak telah berumur 7 tahun maka orang tua harus wajib dalam mengajari anak untuk shalat karena di saat umur itu anak sangat baik dalam perkembangan otaknya. Dan jika umur anak telah mencapai sepuluh tahun dan tidak melaksanakan shalat maka berilah hukuman kepada anak.

Dalam hal memberikan hukuman kepada anak tidak lah boleh memberi hukuman yang membuat mereka kesakitan dan membekas. Ini di sampaikan dalam sebuah Hadist di jelaskan:

Pukullah mereka dengan pukulan yang tidak keras (tidak membikin patah tulang, atau luka, atau mengeluarkan darah, atau meninggalkan bekas). (HR. Muslim).

Itulah beberapa cara mengajari anak untuk shalat di usia dini yang dapat caramuslim.com tuliskan dalam artikel ini. anak adalah titipan Allah yang sangat kita jaga dengan baik. Maka jangan pernah sia-siakan apa yang yang di berikan Allah SWT. Dan semoga artikel ini sangat bermanfaat.

Author Profile

About Taufiqurrahman

0 Komentar Cara Mengajari Anak Sholat Di Usia Dini

Post a Comment

Back To Top