22 June 2017

Cara Meningkatkan Iman Dan Taqwa Kepada Allah SWT

Advertisement
Cara meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT – Meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT adalah cara kita berbakti dan beribadah kepada Allah SWT sebagai umat manusia karena Allah telah menciptakan manusia dan seisi bumi, langit dan alam semesta.karena setiap manusia wajib bersyukur dengan apa yang telah di berikan Nya nikmat yang berlimpah.

Cara meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT

Allah SWT menciptakan manusia dan seisinya tidak lain adalah untuk beribadah, beriman dan bertaqwa kepada Nya, dan manusia wajib menta'ati apa yang telah di tentukan Allah SWT yang telah di wahyukan Kepada Rasulallah SAW yang telah tertulis di dalam Al-Qur’an.

Cara Meningkatkan Iman Dan Taqwa Kepada Allah SWT

Oleh karena itu kita di wajibkan beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT dengan segala tuntunan yang telah di riwayatkan. Agar manusia yang hidup di bumi tidak akan sia-sia dalam menjalani kehidupan di akhirat nantinya.

Hal ini tentunya kita harus menta'ati dan meningkatkan iman dan taqwa kita kepada Allah SWT. Caramuslim.com akan memberitahukan beberapa cara meningkatkan iman dan takwa kepada Allah SWT sebagai berikut ini.

1. Berkumpul Dengan Sesama Muslim

Cara meningkatkan iman dan taqwa kita kepada Allah SWT adalah dengan cara berkumpul dengan sesama muslim atau orang soleh. Dengan berkumpul dan berteman dengan sesama muslim maka kita akan di ajak ke jalan Allah SWT dan akan menambah semangat untuk meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT.

2. Memperbaiki Shalat Lima Waktu

Dalam cara meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT adalah dengan cara memperbaiki shalat lima waktu dulu. Dalam shalat tentunya harus di perhatikan dengan bacaan yang benar dan tidak tergesa-gesa maupun dengan cepat dan tentunya shalat yang kita kerjakan tidak di terima Allah SWT.
Agar shalat yang kita kerjakan di terima Allah SWT maka hendaknya shalatlah yang benar dan tidak cepat-cepat selesai, usahakan shalat dengan khusuk. Dalam surat Al-Ankabut ayat 45 Allah berfirman yang artinya:

Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al Kitab (Al-Qur’an) dan dirikanlah shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan- perbuatan) keji dan mungkar. Dan sesungguhnya mengingat Allah (shalat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadat-ibadat yang lain). Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.

3. Membaca Buku Tentang Islam

Cara meningkatkan iman dan taqwa kita kepada Allah selanjutnya adalah dengan cara membaca buku yang berkaitan dengan agama islam atau mencari tentang ilmu agama di internet. Apalagi semakin majunya teknologi maka banyak cara yang kita lakukan untuk mengetahui dan cara mencari tentang ilmu agama islam.

4. Membaca Dan Mengamalkan Isi Al-Qur’an

Cara meningkatkan iman dan taqwa adalah dengan cara membaca Al-Qur’an dan mengamalkan isinya. Yang mana Allah SWT telah mengatur segalanya di dalam Al-Qur’an baik kehidupan di dunia maupun di akhirat.Allah SWT berfirman dalam surat Yunus ayat 37 yang artinya:

Tidaklah mungkin Al-Qur'an ini dibuat oleh selain Allah, akan tetapi (Al Qur'an itu) membenarkan kitab-kitab yang sebelumnya dan menjelaskan hukum-hukum yang telah ditetapkannya, tidak ada keraguan di dalamnya, (diturunkan) dari Tuhan semesta alam.

5. Mempelajari Ilmu Pengetahuan

Segala yang ada di langit dan apa yang ada di bumi adalah ilmu pengetahuan, dan kita harus mengetahui apa yang di ciptakan Allah SWT. Manusia juga di wajibkan untuk mengetahui dan mempelajari ilmu pengetahuan di dunia, sebagai mana firman Allah SWT dalam surat Al-Hajj ayat 8 yang artinya:

Dan di antara manusia ada orang-orang yang membantah tentang Allah tanpa ilmu pengetahuan, tanpa petunjuk dan tanpa kitab (wahyu) yang bercahaya.

Baca juga:

6. Perbaiki Diri

Cara meningkatkan iman dan taqwa kita adalah dengan cara memperbaiki diri dari yang tidak baik dan menjadi baik. Cara memperbaiki diri dari sikap kita kepada orang lain, cara kita beriman kepada Allah SWT, lebih semangat membaca Al-Qur’an, cara kita shalat lima waktu dan banyak cara lainnya untuk memperbaiki diri.

7. Mengikuti Majelis Ilmu

Dalam Surat Al-Mujadilah ayat 11 Allah SW berfirman yang artinya:

Hai orang-orang beriman apabila dikatakan kepadamu: Berlapang-lapanglah dalam majlis, maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan: Berdirilah kamu, maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.

8. Perbanyak Dzikir

Perbanyak zdikir adalah cara meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT. Dzikir adalah cara kita mendekatkan diri kepada Allah SWT dan mengingat Allah SWT. Dengan memperbanyak dzikir kepada Alah maka iman dan taqwa akan semakin tebal.

Itulah beberapa cara meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT yang dapat caramuslim.com tuliskan dalam artikel ini. sebenarnya masih banyak cara lain untuk meningkatkan iman dan taqwa kita kepada Allah. Semoga bagi yang membaca akan mendapatkan manfaatnya dan dapat meningkatkan iman kepada Allah SWT.

Author Profile

About Taufiqurrahman

0 Komentar Cara Meningkatkan Iman Dan Taqwa Kepada Allah SWT

Post a Comment

Back To Top