21 June 2017

Cara Menjaga Pandangan Mata Menurut Islam

Advertisement
Cara menjaga pandangan mata menurut islam – Mata adalah indra penglihatan yang sangat terpenting dalam organ tubuh  kita. Dengan mata kita bisa melihat apapun yang ingin kita lihat, kita bisa membaca Al-Qur’an kapanpun yang kita mau, dan banyak aktifitas yang lainnya kita lakukan dengan mata. Tanpa mata segala aktifitas itu tidak dapat kita lakukan dengan sempurna.

Dengan adanya mata kita wajib bersyukur kepada Allah SWT karena telah memberikan mata yang sangat berharga. Apabila Allah SWT mengambil nikmat mata kita satu jam saja sehari, mungkin kita tidak akan sanggup. Begitu besarnya nikmat mata yang di berikan Allah SWT.

Cara menjaga pandangan mata menurut islam

Dengan adanya mata sudah seharusnya kita bersyukur dan menjaga mata yang di berikan Allah SWT dari pandangan yang tidak di perboleh kan oleh Allah SWT. Oleh karena itu, kita di wajibkan untuk menjaga pandangan mata dari yang tidak baik. Allah berfirman dalam surat An-Nur ayat 30 yang artinya:

Katakanlah kepada laki-laki yang beriman, Hendaklah mereka menahan pandangannya dan memelihara kemaluannya. Yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat.

Kemudian dalam tafsir ibnu katsir di jelaskan:

Ini adalah perintah dari Allah Ta’ala kepada hamba-hambaNya yang beriman untuk menjaga (menahan) pandangan mereka dari hal-hal yang diharamkan atas mereka. Maka janganlah memandang kecuali memandang kepada hal-hal yang diperbolehkan untuk dipandang. Dan tahanlah pandanganmu dari hal-hal yang diharamkan.

Dari ayat di atas dan tafsir ibnu katsir tersebut menjelaskan bahwa kita di wajibkan untuk memelihara pandangan mata dari yang tidak baik menurut islam. Dan agama islam telah mengatur apa saja yang di perbolehkan untuk di lihat. Menjaga pandangan mata juga bisa menjaga kita dari perbuatan yang tidak baik.

Cara Menjaga Pandangan Mata Menurut Islam

Dalam menjaga pandangan mata terkadang susah-susah gampang. Apalagi menjaga pandangan mata dari lawan jenis baik itu pria ataupun wanita. Oleh karena itu caramuslim.com akan memberitahukan cara menjaga pandangan mata menurut islam sebagai berikut ini.

1. Berdoa Dan Zikir Kepada Allah SWT

Dengan zikir dan berdoa kepada Allah SWT maka akan menjaga mata dari pandangan yang tidak baik. Allah SWT adalah cara kita mendekat kan diri dan melupakan pandangan yang tidak baik tersebut. Dan zikir  juga dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT.

2. Hindari Tempat Yang Tidak Baik

Menghindari tempat yang tidak baik adalah cara menjaga pandangan mata. Tempat yang tidak baik itu seperti tempat berkumpulnya wanita yang tidak menutup aurat mereka. Maka jauhilah tempat itu, hal itu tentu akan membuat mereka bisa berbuat yang tidak baik tersebut.

3. Selalu Ingat Allah SWT

Agar pandangan mata anda tidak tertuju pada yang tidak baik alangkah baiknya mengingat Allah SWT. Jika anda melihat dalam beberapa detik lalu alihkan pandangan terus ingat Allah SWT.  Mengingat kita adalah hamba Allah SWT dan wajib mematuhi  segala apa yang di perintahkan dan di larang Allah SWT. Maka dari itu Allah juga melarang apa yang tidak boleh kita lihat harus di patuhi.

Baca juga:

4. Alihkan Pandangan Yang Tidak Sengaja

Menjaga pandangan mata adalah dengan cara jika melihat sesuatu yang tidak baik dan menggoda dan tidak sengaja kita melihatnya, maka alihkan lah pandangan anda dari situ. Dalam sebuah hadist di jelaskan:

Saya bertanya  kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tentang pandangan yang tiba-tiba (tidak sengaja), maka beliau memerintahkan aku untuk memalingkan pandanganku.

5. Berpuasa Atau Menikah

Cara menjaga pandangan mata adalah dengan cara berpuasa atau menikah, jika seorang tidak mampu menahan melihat lawan jenisnya, maka hendaklah dia menikah, jika tidak mampu untuk menikah maka hendaklah dia berpuasa.

6. Dijamin masuk surga

Orang yang selalu menjaga pandangan matanya maka akan di jamin oleh Allah SWT  masuk ke dalam sorga. Karena yang beriman kepada Allah SWT adalah orang yang bisa menjaga pandangan matanya dan selalu menjaga keimanannya dengan baik.

Nah, itulah beberapa cara menjaga pandangan mata menurut islam yang dapat caramuslim.com tuliskan dalam artikel ini. semoga bagi yang membaca akan mendapatkan manfaatnya serta bisa di amalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Author Profile

About Taufiqurrahman

0 Komentar Cara Menjaga Pandangan Mata Menurut Islam

Post a Comment

Back To Top