30 June 2017

Hari Yang Dilarang Berpuasa

Advertisement
Hari yang dilarang berpuasa – Puasa adalah wajib hukumnya pada bulan ramadhan, akan tetapi ada juga puasa yang sunnah yang bisa kita laksanakan di hari lain di luar ramadhan. Namun ada pula puasa yang di larang oleh Allah SWT dalam hari tertentu yang telah di sunnahkan Rasulallah SAW.

Hari yang dilarang berpuasa

Seperti yang telah dijelaskan dalam hadist di bawah ini yang artinya:
Tidak ada puasa bagi yang berpuasa setiap hari tanpa henti. Tidak ada puasa bagi yang berpuasa setiap hari tanpa henti. Tidak ada puasa bagi yang berpuasa setiap hari tanpa henti. (HR. Muslim)

Hari Yang Dilarang Berpuasa

Ada beberapa hari yang di larang dalam mengerjakan puasa seperti yang telah di sunnahkan oleh Rasulallah SWT, yang mana hari itu di larang untuk berpuasa.  Untuk itu cara muslim.com akan menjelaskan beberapa hari yang dilarang berpuasa sebagai berikut ini.

1. Berpuasa Di hari Tasyrik

Dalam sebuah hadits di jelaskan, Dari riwayat Abu Hurairah r.a  Rasulullah mengutus Abdullah bin Hudzaifah agar mengelilingi Kota Mina serta menyampaikan jika, Janganlah kamu berpuasa pada hari ini karena ia merupakan hari makan, minum, dan berzikir kepada Allah.

Hadist di atas menjelaskan bahwa hari tasyrik di larang untuk melakukan puasa, hari tasyrik adalah hari raya idul adha yang jatuh pada tanggal 11, 12, 13.

2. Berpuasa Dihari Raya Idul Adha

Hari raya idul adha di larang untuk melakukan puasa, seluruh umat islam merayakan hari raya idul adha, karena hari raya idul adha adalah hari raya berkurban bagi umat muslim dan memberikan kepada orang yang sangat membutuhkan dan memakan sebagiannya.

3. Puasa Di hari Raya Idul Fitri

Dalam hari raya idul fitri semua umat islam merayakan hari kemenangan karena telah berpuasa sebulan penuh,  dalam hari raya idul fitri tidak di perbolehkan untuk melaksanakan puasa atau pun diharamkan untuk melaksanakan puasa.

Dalam sebuah hadist di jelaskan yang artinya: Dari Umar bin Khathab ra, Ia berkata: Sesungguhnya Rasulallah SAW melarang berpuasa di kedua hari raya. Pada hari raya Idul Fitri kamu berbuka puasamu dan pada hari raya Idul Adha kamu makan daging kurbanmu. (HR Bukhari Muslim).

4. Berpuasa Di hari Jumat

Hari jumat adalah hari yang sangat istimewa bagi umat islam, boleh di katakan hari jumat adalah hari liburnya bagi umat islam di dunai. Puasa yang boleh di hari jumat adalah puasa wajib yang jatuh pada hari jumat, seperti puasa di bulan ramadhan.

5. Berpuasa Sepanjang Masa

Berpuasa sepanjang masa sangat tidak di perbolehkan untuk kita lakukan sebagai umat muslim.  Jika kita ingin melakukan puasa berturut-turut maka hendaknya kita melakukan puasa seperti puasa Daud puasa sehari berbuka sehari.

6. Berpuasa Di hari Sabtu

Berpuasa di hari sabtu juga di larang untuk melaksanakan puasa. Berpuasa di bolehkan  jika dalam melaksanakan puasa wajib, seperti berpuasa di bulan ramadhan.

7. Berpuasa Wanita Tanpa Izin Suami

Bagi yang telah menikah maka seorang wanita jika hendak melakukan puasa sunah maka harus meminta izin terlebih dahulu kepada suaminya. Jika suami mengizinkan untuk berpuasa maka istri boleh melakukan puasa sunnah tersebut.

8. Berpuasa Ketika Wanita Haid Nifas

Hari yang di larang untuk berpuasa adalah ketika wanita dalam keadaan haid atau nifas. Wanita ini sangat di larang untuk berpuasa karena dalam keadaan tidak bersih atau suci. Jika seorang wanita mengalami ini dalam berpuasa saat di bulan ramadhan harus tidak berpuasa terlebih dahulu, dan mereka harus mengganti puasanya tersebut pada selesai ramadhan.

Nah, itulah beberapa hari yang di larang berpuasa yang dapat caramuslim.com tuliskan dalam artikel ini. semoga kita semua dapat mengetahui dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Dan dapat meningkatkan iman dan taqwa kita kepada Allah SWT. Amin.

Baca juga:
Author Profile

About Taufiqurrahman

0 Komentar Hari Yang Dilarang Berpuasa

Post a Comment

Back To Top