04 July 2017

Hak Dan Kewajiban Manusia Kepada Allah SWT

Advertisement
Hak dan kewajiban manusia kepada Allah SWT – Manusia dan bumi serta seisinya adalah ciptaan Allah SWT, yang mana segala apa yang di citakan Allah SWT harus menyembah dan mengikuti perintah Nya sebagai wujud syukur atas segala apa yang telah di berikan nikmat oleh Allah SWT. dan Allah SWT tentu saja memberikan atas hak dan kewajiban kita sebagai manusia yang hidup di bumi ini.

Allah SWT telah mengatur segala apa yang akan menjadi hak dan kewajiban kita sebagai manusia dengan sangat teratur dan telah terperinci, hanya  saja kita sebagai manusia tidak dapat mensyukuri apa yang telah di berikan Allah SWT sehingga kehidupan manusia tidak beraturan dan kacau, sehingga di turunkan lah nabi dan Rasul ke bumi untuk mengatur kembali apa yang telah di tetapkan Allah SWT.

Hak Dan Kewajiban Manusia Kepada Allah SWT

Pengertian Hak

Hak adalah diartikan sebagai hal yang telah di tetapkan dan menjadi milik seseorang atau dapat di miliki oleh seseorang. Hak ini dapat dimiliki oleh seseorang dengan syarat dan ketentuan yang telah di tetapkan oleh Allah SWT.

Pengertian Kewajiban

Arti kewajiban adalah suatu kewajiban yang harus dilakukan oleh manusia kepada Allah SWT. kewajiban harus di lakukan oleh manusia karena kewajiban adalah wajib di lakukan atas apa yang telah di perintahkan Allah SWT, jika kita meninggalkan suatu kewajiban maka kita akan berdosa dan mendapatkan siksaan dari Allah SWT.misalnya kewajiban mengerjakan shalat lima waktu, kewajiban berpuasa dan yang lainnya.

Hak Dan Kewajiban Manusia Kepada Allah SWT

Hak dan kewajiban kepada Allah Sebagai manusia telah ditetapkan oleh Allah SWT di dalam Al-Qur’an dan sunnah Rasul. Oleh sebab itu jika anda lupa maka caramuslim.com  akan memberitahukan hak dan kewajiban manusia kepada Allah SWT sebagai berikut ini.

1. Mencari Harta Yang Halal

Sebagai manusia yang muslim maka hendaknya kita harus mencari harta yang halal agar apa yang kita cari dan makan akan menjadi baik untuk kita. Sebagaimana yang di jelaskan dalam surat An-Nisa’ ayat 29 yang artinya:

Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu saling memakan harta sesamamu dengan jalan yang batil, kecuali dengan jalan perniagaan yang berlaku dengan suka sama-suka di antara kamu. Dan janganlah kamu membunuh dirimu; sesungguhnya Allah adalah Maha Penyayang kepadamu.

Baca juga:


2. Mentaati Dan Menyembah Allah SWT

Hak dan kewajiban manusia adalah mentaati dan menyembah Allah SWT. karena sebelum manusia diciptakan sudah ada hak dan kewajiban di tetapkan Allah SWT. kita di wajibkan menjalankan perintah Allah SWT agar manusia akan selamat di dunia dan di akhirat. Sebagai mana yang telah di jelaskan dalam surat Al-A’raff ayat 33 yang artinya sebagai berikut ini:

Katakanlah: Tuhanku hanya mengharamkan perbuatan yang keji, baik yang nampak atau pun yang tersembunyi, dan perbuatan dosa, melanggar hak manusia tanpa alasan yang benar, (mengharamkan) mempersekutukan Allah dengan sesuatu yang Allah tidak menurunkan hujjah untuk itu dan (mengharamkan) mengada-adakan terhadap Allah apa yang tidak kamu ketahui.

3. Berbuat Baik Dan Menghindari Sifat Yang Tidak Baik

Hak dan kewajiban kita kepada Allah SWT adalah dengan berbuat baik kepada manusia dan tidak merusak alam dan lingkungan dan di larang melakukan perbuatan yang tidak baik. Sebagai muslim yang baik maka hendaknya kita menjauhi yang dilarang dan di menjalankan perintah Allah SWT.

4. Jangan Merusak

Allah Menciptakan manusia seharusnya harus berbuat baik, dan manusia di larang untuk berbuat kerusakan di bumi, sebagai mana yang di jelaskan dalam firman Allah dalam surat Asyura, ayat 183. Yang artinya:

Dan janganlah kamu merugikan manusia pada hak-haknya dan janganlah kamu merajalela di muka bumi dengan membuat kerusakan.

5. Menjalankan Misi Khalifah Fil Ard

Dalam surat Al-Baqarah ayat 30 Allah SWT berfirman yang artinya:

Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para Malaikat: Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi. Mereka berkata: Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau? Tuhan berfirman: Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui.

Itulah beberapa hak dan kewajiban manusia kepada Allah SWT yang dapat caramuslim.com tuliskan dalam artikel ini. semoga kita tidak akan lupa hak dan kewajiban kita kepada Allah SWT.

Baca juga:



Author Profile

About Taufiqurrahman

0 Komentar Hak Dan Kewajiban Manusia Kepada Allah SWT

Post a Comment

Back To Top