06 July 2017

Hikmah Beriman Kepada Hari Akhir Dalam Kehidupan Sehari-hari

Advertisement
Hikmah Beriman Kepada Hari Akhir Dalam Kehidupan Sehari-hari – Hari akhir termasuk dalam rukun iman yang wajib orang muslim yakini dan imani. Hari akhir adalah berakhirnya seluruh seluruh kehidupan di dunia dan yang seluruh mempunyai nyawa pasti akan mati pada hari kiamat itu tiba.

Kita sebagai umat muslim wajib mengimani akan adanya hari akhir, akan tetapi manusia tidak dapat mengetahui akan kapan datangnya hari akhir tersebut. Namun Allah SWT dan Rasulallah SAW telah memberikan petunjuk kapan datangnya hari akhir tersebut. Pada saat zaman sekarang telah banyak tanda-tanda akan datangnya hari akhir tersebut kita lihat.

manfaat beriman kepada hari akhir dalam kehidupan sehari-hari

Allah SWT berfirman dalam surat Al-A’raf ayat 187 yang artinya sebagai berikut:

Mereka menanyakan kepadamu tentang kiamat: Bilakah terjadinya? Katakanlah: Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu adalah pada sisi Tuhanku; tidak seorangpun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia. Kiamat itu amat berat (huru haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi. Kiamat itu tidak akan datang kepadamu melainkan dengan tiba-tiba. Mereka bertanya kepadamu seakan-akan kamu benar-benar mengetahuinya. Katakanlah: Sesungguhnya pengetahuan tentang bari kiamat itu adalah di sisi Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui.

Arti ayat di atas menjelaskan bahwa hari akhir adalah hancur leburnya seluruh bumi dan alam semesta ini dan yang setiap yang bernyawa akan mati, dan hanyalah Allah SWT sendiri yang hidup pada saat hari kiamat terjadi. Dan setelah terjadi kiamat maka Allah SWT membangkitkan seluruh manusia dan manusia itu akan mempertanggungjawabkan apa yang telah mereka lakukan di atas dunia. Hanya amal ibadah mereka lah yang akan dapatmenolong pada saat itu.

Hikmah Beriman Kepada Hari Akhir Dalam Kehidupan Sehari-hari

Di dalam islam telah di wajibkan untuk beriman di hari akhir dan mengamalkannya agar manusia dapat mengambil hikmah yang terkandung dalam beriman di hari akhir. Tentu saja banyak hikmah yang dapat kita ambil, oleh karena itu caramuslim.com akan memberitahukan beberapa hikmah beriman kepada hari akhir dalam kehidupan sehari-hari sebagai berikut ini.

1. Menjauhi Perbuatan Yang Tidak Baik

Sebagai seorang muslim yang beriman dan mempercayai hari akhir maka kita di wajibkan untuk melakukan apa yang di perintahkan Allah SWT dan menjauhi apa yang dilarang Nya, tentu saja kita akan menjauhi segala perbuatan yang tidak baik, dengan adanya hari akhir maka kita akan semakin takut untuk melakukan perbuatan yang tidak baik tersebut, karena azab Allah SWT di hari akhir dan di akhirat nantinya akan sangat pedih. Dalam surat Ibrahim ayat 31 Allah SWT berfirman yang artinya:

Katakanlah kepada hamba-hamba-Ku yang telah beriman: Hendaklah mereka mendirikan shalat, menafkahkan sebahagian rezki yang Kami berikan kepada mereka secara sembunyi ataupun terang-terangan sebelum datang hari (kiamat) yang pada bari itu tidak ada jual beli dan persahabatan.

2. Munculnya Rasa Takut Jika Berbuat Kesalahan

Makna beriman kepada hari akhir adalah akan munculnya rasa takut kepada Allah SWT jika kita berbuat salah atau melakukan dosa. Karena berbuat salah dan dosa maka kita akan mempertanggung jawabkan perbuatan tersebut di hari akhir nantinya. Dalam surat Al-Anbiya ayat 49 Allah SWT menjelaskan yang artinya:

(yaitu) orang-orang yang takut akan (azab) Tuhan mereka, sedang mereka tidak melihat-Nya, dan mereka merasa takut akan (tibanya) hari kiamat.

Baca juga:


3. Agar Tetap Beriman Kepada Hari Akhir

Makna beriman kepada hari akhir adalah agar kita selalu beriman kepada Allah SWT dan hari akhir. Beriman kepada Allah SWT tidak boleh di tunda-tunda karena kiamat datang secara tiba-tiba. Karena jika hari akhir itu tiba maka akan tibalah penyesalan kepada kita. Hal ini di jelaskan dalam surat Al-An’am ayat 31 Allah SWT berfirman yang artinya:

Sungguh telah rugilah orang-orang yang mendustakan pertemuan mereka dengan Tuhan, sehingga apabila kiamat datang kepada mereka dengan tiba-tiba, mereka berkata: Alangkah besarnya penyesalan kami, terhadap kelalaian kami tentang kiamat itu!, sambil mereka memikul dosa-dosa di atas punggungnya. Ingatlah, amat buruklah apa yang mereka pikul itu.

4. Mempersiapkan Diri

Dengan beriman kepada hari akhir maka hendaknya kita harus mempersiapkan diri akan datangnya hari kiamat,karena hari kiamat datangnya tidak dapat diketahui oleh manusia dan datangnya tidak di sangka-sangka. Perbanyaklah ibadah dan pertebal iman kita. Dalam surat Muhammad ayat 18 Allah SWT berfirman yang artinya:

Maka tidaklah yang mereka tunggu-tunggu melainkan hari kiamat (yaitu) kedatangannya kepada mereka dengan tiba-tiba, karena sesungguhnya telah datang tanda-tandanya. Maka apakah faedahnya bagi mereka kesadaran mereka itu apabila Kiamat sudah datang?.

5. Meningkatkan Iman Dan Taqwa Kepada Allah SWT

Hikmah beriman kepada hari akhir dalam kehidupan sehari-hari adalah dapat meningkatkan iman dan taqwa kita kepada Allah SWT. karena Allah SWT lah yang menciptakan langit dan bumi serta alam semesta ini. jadi dengan adanya hari akhir maka kita akan semakin kuat untuk meningkatkan iman dan taqwa kita kepada Allah SWT.

Dalam surat Al-Jatsiyah ayat 26 Allah SWT berfirman yang artinya:

Katakanlah: Allah-lah yang menghidupkan kamu kemudian mematikan kamu, setelah itu mengumpulkan kamu pada hari kiamat yang tidak ada keraguan padanya, akan tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui.

Itulah beberapa manfaat beriman kepada hari akhir dalam kehidupan sehari-hari yang dapat kita terapkan dalam kehidupan ini. semoga dengan artikel dari caramuslim.com ini akan semakin meningkatkan iman dan taqwa kita kepada Allah SWT.
Author Profile

About Taufiqurrahman

0 Komentar Hikmah Beriman Kepada Hari Akhir Dalam Kehidupan Sehari-hari

Post a Comment

Back To Top