03 July 2017

Manfaat Shalat Tahajjud

Advertisement
Manfaat shalat tahajjud – banyak macam shalat yang dapat kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari, di antaranya shalat wajib lima waktu, dan shalat sunnah lainnya. Sebagai seorang mukmin yang bertakwa kepada Allah SWT kita wajib untuk melaksanakan perintahnya dan kita wajib meninggalkan apa yang di larang oleh Allah SWT.

Di antara banyak shalat sunnah yang kita laksanakan dalam kehidupan ini shalat tahajjud adalah shalat yang sangat di anjurkan oleh Nabi kita Nabi Muhammad SAW untuk di kerjakan. Karena shalat tahajjud sangat banyak manfaat dan faedahnya bagi kita sebagai umat yang bertakwa kepada Allah SWT.

Manfaat Shalat Tahajjud

Mengerjakan shalat tahajjud dapat kita kerjakan pada waktu di malam hari, yaitu di waktu orang tidur terlelap atau sepertiga malam atau jam tiga malam. Shalat tahajjud dapat kita kerjakan yaitu paling sedikit dua rakaat dan tidak ada batasnya sampai kita mampu.

Dalam sebuah hadist di jelaskan sebagai berikut yang artinya:

Nabi SAW mengerjakan shalat malam hingga bengkak kedua telapak kaki beliau,lalu aku katakan kepada beliau, Mengapa engkau melakukan seperti ini ya Rosulullah, padahal dosamu yang lalu maupun yang akan datang telah diampuni oleh Allah? Beliau menjawab, Apakah aku tidak boleh menjadi hamba Allah yang bersyukur? (HR Bukhori dan Muslim).

Maksud hadist di atas menjelaskan bahwa kita harus bersyukur kepada Allah SWT karena telah di berikan nikmat yang sangat banyak kepada hambanya, nabi Muhammad SAW saja yang telah di jamin masuk surga masih melakukan shalat tahajjud kepada Allah SWT.

Manfaat Shalat Tahajjud

Jadi kita sebagai manusia biasa yang tidak luput dari dosa dan kesalahan, maka hendaklah kita lebih giat untuk melaksanakan shalat tajjud seperti yang di jelaskan dalam hadist tersebut di atas. Berikut ini caramuslim.com akan menjelaskan beberapa manfaat shalat tahajjud bagi kita sebagai umat muslim yaitu sebagai berikut ini:

1. Dikabulkannya Doa Oleh Allah SWT

Orang yang selalu mengerjakan shalat tahajjud mendapatkan keistimewaan oleh Allah SWT, yaitu di kabulkannya doanya. Di ampuni dosanya, tentunya orang yang berdoa dengan iklas karena Allah SWT. Rasulalah SWT bersabda yang artinya:

Sesungguhnya diwaktu malam itu terdapat suatu waktu yang jika saja bertepatan dengan waktu itu seorang hamba muslim memohon kebaikan kepada Allah berkenaan dengan urusan dunia dan akhirat, sudah pasti Allah akan memberikannya kepadanya. Waktu itu terdapat pada setiap malam. (HR. Muslim).

2. Shalat Tahajjud Meringankan Ketika Dihisab Di Akhirat

Shalat tahajjud dapat meringankan kita sewaktu di hisab di akhirat nantinya. Dan tentunya yang paling utama adalah yang dapat menolong kita adalah segala amal dan perbuatan kita selama hidup di dunia.

3. Shalat Tahajjud Dijamin Masuk Surga

Shalat tahajjud akan di jamin oleh Allah SAW masuk sorga dengan syarat dengan kusyuk dan iklas karena Allah SWT. dan tentunya tidak meninggalkan shalat lima waktu. Tentunya orang yang melaksanakan shalat tahjjud sangat istimewa di mata Allah SWT.

4. Shalat Tahajjud Menghapus Dosa

Sebagai hamba yang beriman dan bertakwa kepada Allah SWT, kita sebagai manusia biasa merupakan banyak kesalahan dan dosa yang kita lakukan bai di sengaja maupun tidak harus memohon kepada Allah SWT agar dosa tersebut dapat di hapuskan.

Salah satu cara menghapus dosa tersebut adalah dengan cara shalat tahajjud. Shalat tahajjud dapat menghapuskan dosa dan dapat membuat kita tidak ingin untuk menghilangkan perbuatan yang tidak baik lainnya. Kita harus yakin dan harus dengan hati yang iklas. Agar dosa yang kita lakukan di ampuni oleh Allah SWT.

Baca juga:

5. Tandanya Terlihat Dimuka

Manfaat shalat tahajjud adalah akan terlihat tandanya di mukanya. Orang yang sering melakukan shalat tahajjud maka mukanya akan selalu bersinar terang, dan selalu akan menuju perbuatan yang baik agar keimanan yang di lakukanya tidak akan sia-aia. Rasulallah SAW bersabda yang artinya:

Setan mengikat pada ujung kepala salah seorang diantara kalian jika tidur dengan tiga ikatan. Masing-masing ikatan mengatakan: Engkau masih memiliki malam yang panjang, maka tidurlah! Jika ia bangun lantas menyebut nama Allah, maka terlepaslah satu ikatan. Jika ia berwudlu, maka lepaslah ikatan berikutnya. Dan jika ia mengerjakan shalat, maka terlepaslah satu ikatan lagi, sehingga keesokan harinya ia menjadi giat, demikian juga jiwanya akan menjadi baik. Jika tidak demikian, maka keesokan harinya ia menjadi kotor jiwanya lagi pemalas. (HR. Muslim).

6. Mendapatkan Cinta Serta Ridho Allah SWT

Manfaat shalat tahajjud adalah akan mendapatkan atau memperoleh cinta dari Allah SWT dan akan selalu mendapatkan ridho Nya. Pada saat orang yang tertidur dengan lelapnya, orang muslim yang mengerjakan shalat tahajjud akan di sayangi Allah SWT dan akan selalu mendapatkan ridhonya Allah SWT.

7. Shalat Yang Paling DI Utamakan Setelah Shalat Lima Waktu

Shalat lima waktu adalah shalat yang wajib kita laksanakan, akan tetapi shalat tahajjud adalah shalat yang paling di utamakan setelah shalat lima waktu, begitu istimewanya shalat tahajjud. Karena itu setelah shalat tahajjud waktu yang sangat baik untuk melakukan doa kepada Allah SWT.

8. Diangkat Derajatnya Oleh Allah SWT

Orang yang melaksanakan shalat tahajjud akan di angkat derajatnya oleh Allah SWT kepada derajat yang tinggi. Dan Allah SWT akan menempatkan orang yang suka mengerjakan shalat tahajjud di tempat yang paling istimewa di akhirat nantinya dari orang yang tidak mengerjakan shalat tahajjud. Karena shalat tahajjud adalah shalat yang istimewa setelah shalat lima waktu.

9. Dapat Meringankan Lama Berdiri Dihari Kiamat

Hari kiamat adalah hari berakhirnya seluruh kehidupan di dunia dan dilanjutkan untuk menuju akhirat. Di akhirat nanti kita akan mempertanggung jawabkan apa yang telah kita lakukan selama kita berada di bumi. Dan shalat tahjjud adalah amalan yang dapat meringankan selama proses apakah kita masuk surga atau ke neraka.

Itulah beberapa manfaat shalat tahajjud yang dapat caramuslim.com tuliskan dalam artikel ini. sebenarnya banyak manfaat yang terdapat pada shalat tahajjud itu sendiri.  Semoga dengan artikel ini kita akan semakin lebih giat untuk melakukan shalat tahajjud, karena shalat tahajjud banyak manfaat dan sangat istimewa oleh Allah SWT. semoga bermanfaat.

Baca juga:


Author Profile

About Taufiqurrahman

0 Komentar Manfaat Shalat Tahajjud

Post a Comment

Back To Top