Hikmah Beriman Kepada Al-Qur’an Dalam Kehidupan

Hikmah beriman kepada Al-Qur’an dalam kehidupan – Al-Qur’an adalah petunjuk yang di benarkan dalam kehidupan islam, baik untuk kehidupan di dunia maupun kehidupan di akhirat. Al-qur’an adalah wahyu yang di turunkan oleh Allah SWT melalui malaikat dan di sampaikan kepada Nabi Muhammad SAW.

Beriman kepada Al-Qur’an adalah rukun iman yang kelima yang menjadi landasan orang muslim yang beriman yang wajib di laksanakan oleh orang muslim. Orang yang tidak beriman dan tidak mengamalkan Al-Qur’an dalam kehidupannya tentu saja tidak akan mendapatkan petunjuk yang benar dan mendapatkan jalan yang sesat.

Hikmah dan Fungsi Beriman Kepada Al-Qur’an Dalam Kehidupan

hikmah beriman kepada al-qur'an

Banyak hikmah yang akan kita dapatkan dalam mengamalkan Al-Qur’an dan mengimaninya, di antaranya kita akan mendapatkan petunjuk yang benar menuju surganya Allah SWT. berikut ini caramuslim.comakan menjelaskan beberapa hikmah beriman kepada Al-Qur’an dalam kehidupan sebagai berikut ini.

1. Petunjuk Bagi Kehidupan

Dalam surat Al-Baqarah ayat 2 dan 3 Allah SWT berfirman yang artinya:

Kitab (Al Quran) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertaqwa. (yaitu) mereka yang beriman kepada yang ghaib, yang mendirikan shalat, dan menafkahkan sebahagian rezki yang Kami anugerahkan kepada mereka.

Ayat di atas menjelaskan bahwa orang yang beriman kepada Al-Qur’an akan mendapatkan petunjuk, dan Al-Qur’an tidak di ragukan lagi petunjuk yang ada di dalamnya. Jadi orang yang beriman dan mengamalkan isi Al-Qur’an akan mendapatkan anugrah untunya di dunia dan akhirat.

2. Mengetahui Sejarah Pada Masa Lalu

Hikmah beriman kepada Al-Qur’an adalah kita mengetahui sejarah para nabi dan Rasulallah SAW, semua kisah nabi dan Rasul yang dapat kita contoh dan kita amalkan dalam keidupan sehari-hari. Rasulallah SAW menulis Al-Qur’an dan menjadikannya petunjuk bagi umatnya.

Dalam surat Al-Baqarah Allah SWT berfirman yang artinya:
Allah menganugerahkan al hikmah (kefahaman yang dalam tentang Al Quran dan As Sunnah) kepada siapa yang dikehendaki-Nya. Dan barangsiapa yang dianugerahi hikmah, ia benar-benar telah dianugerahi karunia yang banyak. Dan hanya orang-orang yang berakal lah yang dapat mengambil pelajaran (dari firman Allah).

Dan kemudian dalam surat Yunus ayat 101 Allah SWT berfirman yang artinya:

Alif laam raa. Inilah ayat-ayat Al Quran yang mengandung hikmah.

Kedua ayat di atas menjelaskan bahwa ayat-ayat dalam Al-Qur’an mengandung banyak hikmah dan orang orang yang beriman dan mengamalkan Al-Qur’an lah yang akan mendapatkan hikmah dan petunjuk dunia dan akhirat.

3. Sumber Ilmu Pengetahuan

Hikmah beriman kepada Al-Qur’an adalah sumber dari semua pengetahuan. Dengan adanya Al-Qur’an maka kita akan banyak mendapatkan pengetahuan tentang sejarah islam, proses turunnya Al-Qur’an, penciptaan manusia, cara beramal soleh hingga mengatur segala tentang kehidupan manusia. dan banyak lainya yang dapat kita ambil pengetahuan.

Dalam surat Ar-Rum ayat 29 Allah SWT berfirman yang artinya:
Tetapi orang-orang yang zalim, mengikuti hawa nafsunya tanpa ilmu pengetahuan, maka siapakah yang akan menunjuki orang yang telah disesatkan Allah? Dan tiadalah bagi mereka seorang penolongpun.

Baca juga:

4. Petunjuk Hari Akhir

Dalam surat Ar-Rum ayat 56 Allah SWT berfirman yang artinya:
Dan berkata orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan dan keimanan (kepada orang-orang yang kafir): “Sesungguhnya kamu telah berdiam (dalam kubur) menurut ketetapan Allah, sampai hari berbangkit; maka inilah hari berbangkit itu akan tetapi kamu selalu tidak meyakini(nya).

Nah, itulah beberapa Hikmah Beriman kepada Al-Qur’an Dalam Kehidupan sehari-hari yang dapat caramuslim.com tuliskan dalam artikel ini. Semoga bermanfaat dan dapat mempertebal iman kita kepada Allah SWT.

One Comment on “Hikmah Beriman Kepada Al-Qur’an Dalam Kehidupan”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.