Keutamaan Ibadah Haji dan Keistimewaannya

Keutamaan ibadah haji dan keistimewaannya – ibadah haji adalah ibadah yang di lakukan dan dilaksanakan pada hari raya Idul Adha. Ibadah haji termasuk dalam rukun islam yang kelima yang mana ibadah haji ini wajib dilaksankan bagi yang sudah mampu. Tapi bagi mereka yang belum mampu untuk melaksanakan ibadah haji tidakh di wajibkan kepada mereka.

Dalam surat Al-Baqarah ayat 196 Allah SWT menjelaskan sebagai berikut yang artinya:

Dan sempurnakanlah ibadah haji dan umrah karena Allah. Tetapi jika kamu terkepung (oleh musuh), maka (sembelihlah) hadyu yang mudah didapat, dan jangan kamu mencukur kepalamu, sebelum hadyu sampai di tempat penyembelihannya.

Jika ada di antara kamu yang sakit atau ada gangguan di kepalanya (lalu dia bercukur), maka dia wajib ber-fidyah, yaitu berpuasa, bersedekah atau berkurban. Apabila kamu dalam keadaan aman, maka barang siapa mengerjakan umrah sebelum haji, dia (wajib menyembelih) hadyu yang mudah didapat.

Tetapi jika dia tidak mendapatkannya, maka dia (wajib) berpuasa tiga hari dalam (musim) haji dan tujuh (hari) setelah kamu kembali. Itu seluruhnya sepuluh (hari). Demikian itu, bagi orang yang keluarganya tidak ada (tinggal) di sekitar Masjidilharam. Bertakwalah kepada Allah dan ketahuilah bahwa Allah sangat keras hukuman-Nya.

Dan dalam surat Al-Baqarah ayat 197 Allah SWT berfirman yang artinya sebagai berikut ini:

(Musim) haji itu (pada) bulan-bulan yang telah dimaklumi. Barang siapa mengerjakan (ibadah) haji dalam (bulan-bulan) itu, maka janganlah dia berkata jorok (rafas), berbuat maksiat dan bertengkar dalam (melakukan ibadah) haji. Segala yang baik yang kamu kerjakan, Allah mengetahuinya. Bawalah bekal, karena sesungguhnya sebaik-baik bekal adalah takwa. Dan bertakwalah kepada-Ku wahai orang-orang yang mempunyai akal sehat.

Keutamaan Ibadah Haji dan Keistimewaannya

keutamaan ibadah haji
Sumber gambar: nasional.kompas.com

Kedua ayat di atas menjelaskan begitu istimewanya orang yang melaksanakan ibadah haji dan cara melaksanakan ibadah haji. Dan dalam melaksanak ibadah haji hendaklah mereka berbuat baik kepada sesama manusia.

Nah, dalam hal ini caramuslim.com akan menjelaskan beberapa keutamaan ibadah haji dan keistimewaannya yang kita dapatkan selalma melakukan ibadah haji.

1. Ibadah Haji Dapat Membuat Doa Terkabulkan

Orang yang melaksankan ibadah haji dan selalu berdoa kepada Allah SWT dengan penuh iklas dan keyakinan yang tinggi maka doanya akan terkabulkan. Kita sebagai tamu Allah SWT hendak berdoa kepada Nya dengan keyakinan Allah SWT tak akan menolaknya. Begitu luar biasa orang yang melaksanakan ibadaha haji ini.

2. Ibadah Haji Dibalas Dengan Surga

Dalam sebuah hadist di jelaskan yang artinya:

Dan haji mabrur tidak ada balasan yang pantas baginya selain surga. (HR. Bukhari dan Muslim).

Jadi orang yang melaksanakan ibadah haji adalah surga tempatnya bagi mereka. Itulah mengapa orang muslim di dunia berbondong-bondong untuk melakukan ibadah haji, karena balasannya adalah surga. Tiada lain tempat yang paling indah dari surga.

3. Melaksanakan Ibadah Haji Adalah Tamu Allah SWT

Dalam surat Al-Imran ayat 97 Allah SWT menjelaskan yang artinya sebagai berikut ini:

Di sana terdapat tanda-tanda yang jelas, (di antaranya) maqam Ibrahim. Barang siapa memasukinya (Baitullah) amanlah dia. Dan (di antara) kewajiban manusia terhadap Allah adalah melaksanakan ibadah haji ke Baitullah, yaitu bagi orang-orang yang mampu mengadakan perjalanan ke sana. Barang siapa mengingkari (kewajiban) haji, maka ketahuilah bahwa Allah Mahakaya (tidak memerlukan sesuatu) dari seluruh alam.

Dan sebuah hadist menjelaskan sebagai berikut ini yang artinya:

Orang yang berperang di jalan Allah, orang yang berhaji serta berumroh adalah tamu-tamu Allah. Allah memanggil mereka, mereka pun memenuhi panggilan. Oleh karena itu, jika mereka meminta kepada Allah pasti akan Allah beri. (HR. Ibnu Majah)

Baca juga:

4. Ibadah Haji Adalah Amalan yang Afdol

Dalam sebuah hadist di jelaskan sebagai berikut yang artinya:
Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ditanya, Amalan apa yang paling afdhol, Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, Beriman kepada Allah dan Rasul-Nya. Ada yang bertanya lagi, Kemudian apa lagi? Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, Jihad di jalan Allah. Ada yang bertanya kembali, Kemudian apa lagi? Haji mabrur, jawab Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. (HR. Bukhari)

5. Ibadah Haji Dapat Menghapuskan Dosa

Dalam sebuah hadist di jelaskan yang artinya sebagai berikut ini:

Siapa yang berhaji ke Ka’bah lalu tidak berkata-kata seronok dan tidak berbuat kefasikan maka dia pulang ke negerinya sebagaimana ketika dilahirkan oleh ibunya. (HR. Bukhari).

Hadist di atas menjelaskan bahwa orang yang melaksanakan ibadah haji dapat menghilangkan dosa, seperti ketika baru di lahirkan oleh ibunya. Jadi orang yang melaksakan ibadah haji ini adalah sangat spesial di mata Allah SWT.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.